sign up SIGN UP search


menyusui

7 Tips Mengatasi Penyumbatan Payudara saat Menyusui

Rahmi Sarifa Minggu, 21 Mar 2021 13:42 WIB
Bunda, atasi segera atasi penyumbatan payudara agar tidak berkembang lebih parah. Simak tipsnya di artikel ini. caption

Proses menyusui penuh suka dan duka. Tak jarang, Bunda menghadapi tantangan yang membuat Bunda hampir menyerah. Seperti misal ketika payudara mengalami sumbatan.

Penyumbatan bisa terjadi karena jumlah ASI yang diproduksi lebih banyak dibanding yang keluar. Biasanya, ini terjadi di hari-hari awal Bunda menyusui, yakni saat produksi ASI Bunda sudah banyak namun kebutuhan Si Kecil masih sangat sedikit. Selain itu, bra yang terlalu ketat juga bisa jadi pemicunya.

Gejalanya bisa datang perlahan dan umumnya hanya mempengaruhi satu payudara saja. Tapi Bunda jangan panik dulu, hal ini bisa saja suatu hal yang normal dan penyembuhannya dapat diobati sendiri dari rumah asal segera ditangani.


Untuk itu, Bunda harus paham bagaimana ciri jika ada penyumbatan saluran susu di payudara. 

Gejala paling umum yang dapat dilihat adalah adanya benjolan di satu area payudara, dan terasa nyeri atau pembengkakan di dekat benjolan. Benjolan ini terasa 'bergerak' dari waktu ke waktu, namun biasanya terasa lebih ringan setelah Bunda menyusui atau memompa. Hanya saja, masalah ini tetap harus diatasi agar tidak berkembang jadi infeksi yaitu mastitis.

Banner Ciri Suami Sayang Istri

Gejala mastitis dapat datang secara tiba-tiba seperti demam 38,3°C atau lebih tinggi, gejala seperti flu (menggigil dan nyeri tubuh), benjolan payudara atau jaringan payudara menebal, adanya sensasi terbakar atau ketidaknyamanan saat menyusui dan memompa, dan kemerahan pada area kulit yang bengkak.

Lanjut baca halaman selanjutnya, yuk!

Menyusui bisa cegah kehamilan, Bunda. Simak tipsnya di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATASI PENYUMBATAN PAYUDARA SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi