sign up SIGN UP search


menyusui

Amankah Bunda Menyusui Makan Pedas?

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 08 Apr 2021 16:06 WIB
Young woman at home eating red hot chili pepper doing ok sign with fingers, excellent symbol caption

Bagi sebagian Bunda, makanan pedas memang amat menggugah selera. Tak heran, kalau para pecinta pedas mampu menahan sensasi panas di lidah bahkan di perut demi menuruti seleranya. Namun, bagaimana bisa Bunda menyusui?

Masalah ini kerap dipertanyakan oleh para Bunda terutama yang menyusui. Jika maka pedas, akankah mempengaruhi ASI dan mengganggu pencernaan Si Kecil?

Sasha Watkins, seorang ahli diet mengatakan bahwa makan pedas saat menyusui tidak dilarang. Ia menjelaskan bahwa dari apa yang Bunda makan akan masuk ke dalam ASI, tetapi seharusnya tidak mengganggu bayi jika Bunda makan makanan pedas karena kadarnya amat sedikit.


"Hal itu mungkin justru bermanfaat bagi bayi Bunda. Sebab, rasa ASI akan berubah sesuai dengan apa yang Bunda makan. Dan ini akan memperkenalkan hal baru tentang rasa yang berbeda pada bayi Bunda. Si kecil pun nantinya akan lebih suka berpetualang dengan rasa baru setelah ia mulai makan makanan padat sekira enam bulan," katanya, seperti dikutip dari laman Baby Center.

Watkins menambahkan, Bunda dapat mencobanya secara perlahan. Jika bayi yang Bunda susui tampak kesal dan mudah tersinggung, Bunda dapat mencoba makan makanan yang lebih ringan untuk melihat apakah ada perbedaan yang signifikan.

Banner 2 Wanita Korea Nikahi Pria Indonesia

Melansir Parentune, sebuah penelitian membuktikan bahwa rempah-rempah yang kuat dan rasanya dapat memengaruhi bau dan rasa dari ASI. Ilmuwan di Denmark tersebut melakukan penelitian pada 18 wanita menyusui guna membuktikan pengaruh asupan bumbu kuat oleh Bunda menyusui pada ASI mereka. 

Apa yang dimakan Bunda selama menyusui memang akan memengaruhi rasa ASI. Termasuk ketika Bunda mengonsumsi makanan pedas, tentunya rasa tersebut juga akan dirasakan bayi Bunda pada ASI yang dikonsumsinya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

AMANKAH BUNDA MENYUSUI MAKAN PEDAS?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi