sign up SIGN UP search


menyusui

Amankah Ibu Menyusui Makan Pedas?

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 02 Feb 2021 16:02 WIB
Mother breastfeeding her baby boy in arms, sitting on bed. caption

Layaknya masa kehamilan, ibu menyusui pun dituntut untuk menjaga pola makan sehat selama masa menyusui. Hal ini untuk tetap menjaga nutrisi yang dibutuhkan bayi terpenuhi selama masa tumbuh kembang mereka.

Nah, biasanya setelah melahirkan tak sedikit ibu yang merasa terbebas dari masa-masa makan yang dibatasi selama kehamilan. Akhirnya, mereka pun kerap kebablasan saat mengonsumsi makanan dalam keseharian mereka. Termasuk di antaranya dengan mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan.

Ya, biasanya makan makanan pedas saat menyusui memang kerap dilarang ya, Bunda. Biasanya, hal ini dikhawatirkan akan membuat bayi menjadi mengalami gangguan pada pencernaannya.


Melansir Baby Center, Susan Condon, IBCLC, seorang konsultan laktasi mengatakan bahwa sebaiknya ibu menyusui tetap bersantai ria dan menikmati apa yang dimakan. 

Hal yang luar biasa tentang makan berbagai variasi makanan saat menyusui ialah bahwa artinya Bunda sedang memberikan pengenalan rasa makanan padat pertama pada mereka. 

Perlu Bunda ketahui bahwa rasa ASI terus berubah, berbeda dengan susu formula yang rasanya sama di setiap menyusui. Sehingga, bayi Bunda mungkin akan benar-benar menyukai rasa ASI yang lebih kuat setelah Bunda makan hidangan berbau bawang putih.

Jika bayi sensitif terhadap makanan yang dimakan entah itu pedas atau tidak, Bunda pun akan mengetahuinya secara langsung. Biasanya, mereka akan rewel setelah disusui, menangis terus-menerus, tidur sangat sedikit, dan tiba-tiba bangun serta merasa tidak nyaman.

Selain itu, Bunda mungkin akan menemui mereka mengalami reaksi kulit, hidung tersumbat, atau kotoran berlendir berwarna hijau dimana mengindikasikan jenis alergi makanan lainnya. Misalnya saja pada produk susu, gandum, jagung, atau jeruk, serta makanan pedas.

Oleh karenanya, Bunda pun tidak perlu menghindari makanan pedas selama masa menyusui. Sebab, sebenarnya memang tidak ada makanan yang harus dihindari sepenuhnya oleh ibu menyusui.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat sedang menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Skandal TWOTM Sulut

Pola makan seimbang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi