sign up SIGN UP search


menyusui

Hukum Puasa bagi Ibu Menyusui, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Kamis, 01 Apr 2021 14:24 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Puasa merupakan ibadah yang wajib dijalankan selama bulan Ramadhan. Bagi Bunda yang menyusui, ibadah ini bisa tetap dijalankan ya.

Mengutip Baby Center, tubuh tetap memproduksi ASI meski Bunda memutuskan puasa. Menahan lapar selama waktu yang ditentukan dapat mengurangi kalori, tapi tidak memengaruhi jumlah ASI yang diproduksi.

Setelah tubuh membakar energi dari makanan terakhir, tubuh akan beradaptasi dan menggunakan energi simpanan. Tubuh Bunda akan membakar kalori da simpanan gula darah terlebih dahulu, setelah itu mengubah simpanan lemak menjadi gula darah.


Banner zaskia sungkar melahirkan

Meski begitu, puasa terkadang bisa membuat perubahan kecil pada kandungan ASI. Kadar beberapa vitamin dan mikronutrien dalam ASI dapat berubah, Bunda.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar seng, magnesium, dan kalium akan menurun bila Bunda menjalankan puasa Ramadhan. Namun, kondisi ini bergantung pada simpanan nutrisi dan energi di tubuh ya.

Cadangan tubuh akan habis sebelum memengaruhi ASI dan bayi akan terus berkembang, meski tingkat mikronutrien menurun selama waktu berpuasa.

Dalam hukum Islam, ibu menyusui masuk dalam golongan yang mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa. Ustazah Aini Aryani, LC, mengatakan bahwa Bunda menyusui memang boleh tidak berpuasa Ramadnhan.

Tapi, kalau dia tidak ada kekhawatiran terhadap dirinya dan anak yang disusuinya, maka dia tetap wajib berpuasa. Hal ini juga berlaku bagi ibu hamil, asal tidak ada kekhawatiran dengan janin yang dikandungnya tetap diwajibkan puasa.

"Yang boleh tidak berpuasa bagi wanita hamil dan menyusui adalah kalau ada kekhawatiran atas dirinya, takut lemas, atau takut nanti anaknya keguguran, takut enggak dapat air susu," kata Aini kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Lalu bolehkan Bunda menyusui berbuka puasa di tengah hari? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga cara mencegah mastitis pada ibu menyusui, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

HUKUM BAYAR FIDYAH BUNDA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi