sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Mengganti Puasa Ramadhan bagi Ibu Menyusui, Bunda Perlu Tahu

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 11 Apr 2021 11:40 WIB
HUKUM UNTUK BUNDA MENYUSUI YANG INGIN BERPUASA
Ibu menyusui caption

Meski sudah melahirkan, Bunda yang sedangĀ menyusui terkadang tetap ingin berpuasa di bulan Ramadhan, ya. Dalam hal ini, tentu Bunda harus menanyakan lebih lanjut kepada ahlinya, yakni tenaga medis atau dokter.

"Asalkan ahli kesehatan menyatakan nutrisinya cukup meskipun Bunda menyusui, tetap bisa berpuasa, silakan untuk berpuasa. Tetapi jika dokter Bunda menyatakan 'Ah jangan Bunda, bahaya' misalnya, maka lebih baik untuk tidak berpuasa," ungkap Ustazah Latis.

Lantas bagaimana dengan Bunda yang sudah melepaskan ASI dan si kecil sudah MPASI? Apakah Bunda tetap mendapatkan keringanan?


Ustazah Latis mengatakan bahwa jika ASI sudah bukan menjadi kebutuhan anak yang utama dan Bunda merasa dalam keadaan sehat, maka sebaiknya tetap menjalankan ibadah puasa, Bunda. Namun, Bunda tetap perlu menyiapkan nutrisi yang diperlukan.

"Kalau memang ASI sudah tidak lagi menjadi kebutuhan utama anak dan Bunda merasa baik-baik saja untuk melakukan puasa, memang tentu lebih baik untuk berpuasa. Dengan syarat mungkin malam hari kita menyiapkan semua nutrisi yang diperlukan," jelas Ustazah Latis.

(mua/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!