sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Aman Menyimpan ASI di Cooler Bag agar Tidak Terkontaminasi

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 26 Apr 2021 10:03 WIB
frozen breastmilk, cooling bag, and milk in bottle isolated on white background caption

Jakarta - Cooler bag atau biasa disebut juga sebagai tas ASI, menjadi perangkat penting bagi Bunda menyusui yang biasanya aktif beraktivitas. Wadah ini pun menjadi sahabat setia untuk menampung ASI perah Bunda selama beraktivitas di luar rumah.

Menurut Kimberly Falatic, BSN, RNC-NIC, IBCLC, seorang konsultan laktasi bahwa prinsip dari penyimpanan ASI ialah jangan pernah menyia-nyiakan tetesan emas ASI yang begitu berharga.

"Dengan perencanaan yang tepat, Bunda dapat mencegah pemborosan ASI yang telah dipompa dan tetap menyehatkan bayi Bunda," ujarnya seperti dikutip dari laman Todays Parent.


Falatic menambahkan, kantung pembeku ASI sesungguhnya paling baik segera disimpan di dalam freezer. Tetapi, bagi Bunda yang beraktivitas tentunya selama perjalanan memerlukan kotak pendingin seperti cooler bag untuk menampung ASI sebelum diletakkan di freezer di rumah.

Banner tanaman hias pembawa hoki.Banner tanaman hias pembawa hoki./ Foto: Mia Kurnia Sari

Karenanya, sebaiknya Bunda memilih cooler bag yang tahan bocor dan tidak mudah rusak. Letakkan cooler bag dalam wadah yang kokoh sehingga ASI perah dapat tetap aman sebelum masuk freezer.

Kemudian, selalu beri label pada setiap wadah ASI dengan spidol permanen baik dari tanggal dan jumlah susu sebelum disimpan. Bunda pun dapat menggunakannya dari stok ASI perah yang masuk terlebih dahulu untuk menjaga persediaan ASI tetap segar.

Penyimpanan ASI memang sebaiknya dilakukan dengan benar ya, Bunda. Hal ini untuk menjaga keamanan dan kualitas ASI perah untuk kesehatan bayi Bunda. Perlu Bunda tahu bahwa berbagai faktor seperti volume susu, suhu ruangan saat susu diperah, fluktuasi suhu, serta kebersihan dapat memengaruhi berapa lama ASI perah dapat disimpan dengan aman.

Beberapa faktor tersebut perlu Bunda patuhi sehingga kualitas ASI yang Bunda simpan tidak terkontaminasi dan tetap memberikan nilai gizi yang maksimal ketika diberikan kepada buah hati ya, Bunda.

Simak tips memilih cooler bag dengan klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, bisa juga menyimak cerita Marissa Nasution yang mengalami masalah saat menyusui anak pertamanya. Lihat video di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA AMAN MENYIMPAN ASIP DI COOLER BAG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi