sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Memilih Cooler Bag yang Tepat agar Tak Merusak Nutrisi ASI Perah

Asri Ediyati Selasa, 29 Sep 2020 12:02 WIB
hand holding a red lunch pack carrier or insulation bag caption
Jakarta -

Kebutuhan ibu menyusui itu cukup banyak. Selain pompa air susu ibu (ASI), satu benda yang tidak boleh ketinggalan adalah cooler bag atau wadah khusus untuk menyimpan ASI perah. Cooler bag biasanya menjadi kebutuhan untuk Bunda yang masih banyak beraktivitas di luar rumah.

Nah, sama halnya nih dengan memilih pompa ASI, memilih cooler bag pun perlu disesuaikan lho dengan kebutuhan Bunda. Mulai dari ukuran hingga bujet yang bakal Bunda keluarkan. Selain itu, perhatikan juga fungsi dan ketahanannya terhadap suhu dingin, agar tidak merusak ASI perah di dalamnya.

Sayang kan kalau salah beli? Nah, berikut ini lima tips memilih cooler bag ASI sesuai dengan kebutuhan dan ketahanannya menyimpan ASI perah:


1. Ukuran

Jika Bunda berniat membeli karena untuk kebutuhan penyimpanan ASI selama perjalanan atau di luar rumah, maka dapat mempertimbangkan untuk membeli cooler bag yang lebih besar.

Cooler bag yang harus dipilih harus memiliki ruang untuk menyimpan cukup ASI. Sehingga bisa menjaga kandungan ASI perah dengan baik.

2. Insulasi

Setiap cooler bag pastinya memiliki insulasi untuk tetap menjaga suhu. Bandingkan insulasi tiap brand cooler bag dan lihat keunggulannya. Jika memang Bunda tipe yang berada di luar rumah dalam waktu lama, pilih cooler bag dengan sistem insulasi yang baik. Demikian dikutip dari laman resmi Exclusive Pumping.

Ini menjadi poin yang sangat penting ya, Bunda. Saat insulasi cooler bag kurang bagus, dikhawatirkan nutrisi ASI jadi rusak. Apalagi saat Bunda bekerja yang harus seharian di kantor, jangan sampai ASI perah menjadi basi atau rusak.

3. Kemudahan penggunaan

Ini adalah sesuatu yang sering dilewatkan oleh orang-orang yang mencari cooler bag ASI. Cooler bag yang baik mudah digunakan jika memiliki ritsleting rajutan yang mudah dibuka dan dibuka. Beberapa model memiliki ritsleting yang lebih kecil, sehingga membuka dan menutup tas sedikit sulit.

Bukaan kecil juga membuat Bunda sulit untuk meletakkan dan mengeluarkan isinya. Karena itu, penting untuk memeriksa tasnya terlebih dahulu dan melihat apakah Bunda nyaman menggunakannya.

4. Daya tahan

Penting untuk mengetahui apakah cooler bag ASI yang Bunda incar dapat bertahan selama bertahun-tahun. Meskipun iklan mengatakan bahwa ini adalah tas pendingin lembut terbaik karena insulasi yang baik, tetap akan membuang-buang uang jika tas tersebut tidak bertahan selama setahun.

5. Model

Jika Bunda adalah tipe yang memperhatikan model cooler bag ASI. Tentu model bisa jadi dinomorsatukan. Namun, lagi-lagi tinjau lagi tujuan dan kebutuhan Bunda dalam membeli cooler bag ASI ya.

Semoga informasi dan tips di atas bisa membantu Bunda menentukan cooler bag ASI yang sesuai dengan kebutuhan Bunda.

Simak juga tips memilih pompa ASI melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi