sign up SIGN UP search


menyusui

4 Pelekatan Menyusui yang Tepat untuk Bantu Bayi Tumbuh Optimal

Meita Fajriana Sabtu, 22 May 2021 20:32 WIB
Menyusui caption

Jakarta - Menyusui adalah perjuangan yang para Bunda harus setelah hamil dan melahirkan. Saat menyusui ada banyak kendala dan tantangan. Mulai dari produksi ASI yang sedikit hingga pelekatan yang kurang tepat sehingga bayi tidak menyusu secara optimal. 

Kendala ini jika dibiarkan akan berdampak buruk pada bayi Bunda. Bisa saja kenaikan berat badan tidak adekuat bahkan bisa tidak naik sama sekali. Hal ini karena nutrisi yang masuk ke tubuh bayi tidak optimal akibat pelekatan yang buruk. 

Nah, agar bayi Bunda terhindari dari hal tersebut, ada baiknya Bunda mulai belajar cara pelekatan menyusui lebih dini. Seperti di trimester akhir kehamilan. Bunda bisa langsung mempraktikkan hal yang dipelajari sebelumnya pada saat bayi lahir. Saat pelekatan baik proses menyusui akan berjalan sempurna. 


Sebelum ke pelekatan, ada beberapa hal yang perlu Bunda ketahui dalam menyusui. Hal ini dijelaskan dalam teknik CHIN dari Dr. Lynette Shotton praktisi kesehatan publik di Northumbria University.

Banner Penyakit AinBanner Penyakit Ain/ Foto: HaiBunda

"CHIN singkatan dari Close, Head free, In line, Nose to nipple, Sustainable. Ini teknik awal yang harus diketahui ibu menyusui, " kata Dr. Lynette Shotton dikutip dari laman Breastfedbabies. 

Nah, Bubun sudah merangkum nih cara agar Bunda bisa melakukan pelekatan dengan baik, yaitu ketika mulut bayi menempel pada payudara secara benar sehingga Si Kecil dapat menghisap ASI dengan baik. Berikut urutannya yang dilansir dari laman Bounty. 

1. Gendong bayi dalam dekapan Bunda dengan posisi hidung sejajar dengan puting.

2. Biarkan kepala bayi sedikit miring ke belakang agar bibir atasnya bisa menyentuh puting. Ini akan membantu membuat mulut bayi terbuka lebar.

 Langkah selanjutnya cek di halaman berikut!

Simak juga yuk cerita menyusui para artis dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERLEKATAN YANG BAIK SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi