sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Menyimpan ASI Perah di Kulkas 1 Pintu, Perhatikan Ketahanan Waktunya

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 30 May 2021 14:01 WIB
Breast milk frozen in storage bag and baby lying on background caption

Jakarta - Menyimpan ASI Perah (ASIP) dengan benar menjadi kunci penting ketahanan kualitasnya saat digunakan ya, Bunda. Pastikan Bunda menyimpannya dengan baik sehingga kualitas ASI perah tetap terjaga.

Memastikan ASI disimpan dengan baik memang sangat penting di luar faktor kebersihan. Sebab, ASI perah yang disimpan dengan aman tentunya akan memberikan ketenangan bagi Bunda untuk diberikan kepada bayi.

ASI bagaimanapun memang lebih baik dari susu formula. Tetapi, Bunda perlu ingat bahwa ASI yang baru diperah lebih baik daripada ASI beku. Ini dikarenakan ASI yang baru diperah memiliki sifat melawan bakteri terbaik dan lebih tinggi dalam antioksidan, vitamin, dan lemak daripada ASI yang telah didinginkan atau dibekukan, seperti dikutip dari laman Stanford Children.


Meski demikian, bagi Bunda yang bekerja tentu saja hal tersebut tidaklah selalu bisa dipenuhi. Karenanya, Bunda menyusui yang bekerja biasanya akan membekukan ASI mereka dan disimpan di dalam freezer.

Hal ini sah-sah saja ya, Bunda, selama Bunda tetap memperhatikan pedoman menyimpan ASI perah dengan baik sesuai dengan tempat penyimpanannya. Sehingga, ASI perah yang Bunda bekukan tetap terjaga kualitasnya.

Sebagian Bunda di rumah biasanya menyimpan ASI di kulkas satu pintu. Hal ini tidaklah bermasalah ya, Bunda, karena kulkas satu pintu juga memiliki freezer tersendiri di bagian atas.

Meski demikian, Bunda perlu mengetahui bahwa freezer di dalam kulkas satu pintu mungkin daya tahannya tidaklah sebanyak wadah yang memang dikhususkan untuk freezer semata.

Menurut Konsultan Laktasi, Kimberly Falatic, IBCLC, dalam penyimpanan ASI sebaiknya Bunda perlu memastikan ASI yang disimpan benar-benar segar dengan nutrisi optimal dan penguat sistem kekebalan.

Klik di halaman selanjutnya untuk kelanjutan informasinya ya, Bunda.

Simak juga memilih botol ASI Perah dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS SIMPAN ASI PERAH DI KULKAS SATU PINTU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi