sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Mengamankan Stok ASIP bila Mati Lampu, Hindari Buka-Tutup Freezer Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 13:30 WIB
breast milk in plastic bags on refrigerator shelf, frozen mother milk  for infant, breastfeeding 4 Cara Mengamankan Stok ASIP bila Mati Lampu, Hindari Buka-Tutup Freezer Bun/Foto: Getty Images/iStockphoto/Ratchat
Jakarta -

Setelah memerah ASI atau pumping, Bunda tentu langsung memasukkan ASIP perah ke freezer kulkas sebagai stok untuk bayi. Menyimpan ASIP di freezer bertujuan agar kualitas ASI Bunda tetap terjaga ketika nanti diminum Si Kecil.

Namun, bagaimana bila terjadi mati lampu di rumah? Wah, bagi ibu menyusui mati lampu adalah hal yang sangat tidak diinginkan ya. Karena bisa membuat stok ASI di freezer menjadi cair kembali.

Tak sedikit busui akhirnya terpaksa membuang ASIP mereka setelah mengalami mati lampu dalam jangka lama karena khawatir dengan kualitas ASIP tersebut. 


Lalu adakah cara untuk mengamankan ASIP saat terjadi mati lampu? 

Cara mengamankan ASIP saat mati lampu

Dalam menghadapinya, Bunda diharap jangan panik ya. Para pakat mengatakan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga susu tetap aman. Jika pemadaman listrik berlangsung lama, ikutilah aturan praktisnya dengan menentukan mana ASIP yang masih bagus dan mana yang harus dibuang.

Pemadaman listrik kerap kali datang secara tiba-tiba, tapi Bunda tidak perlu panik karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melindungi ASI.

1. Letakkan kantong/botol ASIP secara berdekatan

“Jika ada ruang untuk mengubah posisi, yang terbaik adalah meletakkan ASIP dengan ruang kosong sesedikit mungkin di antara kantong,” kata konselor pendidikan laktasi bersertifikat Mayo Clinic, Rebekah Huppert, RN, BSN dikutip dalam Whattoexpect.

2. Taruh kantong ASI di tengah freezer.

Disarankan agar Bunda menaruh barang beku padat untuk mengelilingi ASIP. Taruhlah barang beku lainnya di bawah, di atas dan di samping susu karena saat mati lampu, barang-barang lain di dalam freezer ini pada dasarnya berfungsi sebagai kompres es untuk membantu menjaga ASI tetap beku.

3. Simpan ASI dalam kantong dengan sedikit udara.

Saat Bunda membekukan susu, biarkan udara sesedikit mungkin ada di dalam kantong. Namun, melansir laman Romper, ada solusi lain yang bisa Bunda lakukan, misalnya mencari tahu apakah ada teman atau tetangga yang listriknya masih menyala dan tanyakan pada mereka apakah Bunda diizinkan menyimpan ASI selama rumah Bunda mengalami pemadaman listrik.

4. Hindari buka tutup freezer

Jika terjadi pemadaman listrik disarankan agar Bunda tidak membuka freezer terlalu sering agar menjaga isinya tetap dingin. 

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu lebih lanjut tentang cara mengamankan ASI jika terjadi mati lampu.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 trik jitu pumping agar ASI berlimpah.

[Gambas:Video Haibunda]



MENGAMANKAN ASI SAAT MATI LAMPU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!