sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Menyimpan ASI Perah di Kulkas 1 Pintu, Perhatikan Ketahanan Waktunya

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 30 May 2021 14:01 WIB
TIPS SIMPAN ASI PERAH DI KULKAS SATU PINTU
Ilustrasi ASI perah caption

"Jangan pernah menyia-nyiakan setetes cairan yang sangat berharga dari ASI. Bunda pun dapat menyimpan ASI di freezer atau lemari es," ujar Falatic seperti dikutip dari laman Clevelandclinic.

Falatic menambahkan menyimpan ASI pada freezer lemari es standar dapat bertahan tiga hingga empat bulan. Sementara di dalam freezer terpisah, ASI bisa bertahan enam hingga 12 bulan.

Bunda juga sebaiknya menyimpan susu di bagian belakang freezer atau lemari es dan bukan di bagian pintu. Serta, sisakan satu inci ruang di bagian atas wadah untuk ruang saat susu mengembang saat membeku.


Melansir AIMI, pedoman  menyimpan ASI perah sebaiknya memang disimpan dalam suhu dingin untuk menjaga kualitas nutrisinya. Seperti layaknya jenis makanan lain, ASIP memiliki daya simpan tertentu. Karena itu, penting untuk memberi label tanggal memerah agar ASIP terpantau usia simpannya dan manajemen ASIP berjalan lancar.

Perlu Bunda tahu, dalam menyimpan ASI dalam kulkas 1 pintu, ASI dapat bertahan hingga dua minggu. Sementara ASI yang disimpan dalam freezer yang terpisah dari lemasi es/kulkas (2 pintu) dapat bertahan 3-4 bulan. Serta, ASI dapat bertahan 6-12 bulan dalam freezer khusus yang sangat dingin.

Nah, dengan mengetahui pedomannya, Bunda pun jadi dapat memaksimalkan daya tahan ASI perah untuk buah hati ya, Bunda. Semoga informasinya membantu, Bunda. 

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!