sign up SIGN UP search


menyusui

5 Pertimbangan Memilih Cooler Bag untuk Simpan ASI

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 11 Jun 2021 13:13 WIB
hand holding a red lunch pack carrier or insulation bag caption

Jakarta - Bagi Bunda yang menyusui, mungkin masih kebingungan ya melengkapi kebutuhan menyusui yang ternyata cukup beragam. Salah satunya yang penting Bunda penuhi yakni keberadaan cooler bag.

Bunda yang bekerja atau kerap berpergian, tetapi ingin tetap memberikan ASI pada buah hati tentunya keberadaan cooler bag begitu penting. Cooler bag menjadi penyimpan ASI yang Bunda perah sebelum akhirnya diberikan kepada buah hati ataupun sebelum dibekukan di dalam freezer sebagai stok.

Permasalahannya, seringkali dalam mencari-cari cooler bag, banyak Bunda menyusui jadi galau dalam memilih satu di antaranya. Apalagi, model cooler bag dengan berbagai fasilitasnya tersedia di pasaran secara luas.


Nah, sebenarnya bagaimana ya tips memilih cooler bag yang sesuai dengan kebutuhan dan benar-benar terpakai sehari-hari, Bunda?

Melansir dari laman Itzafamilything, sebelum memilih cooler bag, ada baiknya Bunda mengetahui dulu kebutuhan jumlah ASI perah saat berpergian. Artinya, ada berapa banyak ASI yang biasanya Bunda simpan dalam cooler bag tersebut dan lainnya.

Dengan begitu, Bunda dapat menemukan besaran cooler bag yang sesuai dengan kebutuhan Bunda. Kemudian, Bunda dapat menyesuaikan model dan kualitas cooler bag sesuai dengan bujet yang Bunda miliki.

"Kebanyakan cooler bag biasanya ditawarkan dalam bentuk bahan yang tebal dan bebas BPA untuk digunakan menyimpan dan melindungi ASI selama pengangkutan. Keberadaannya sangat membantu terutama bagi Bunda yang kembali bekerja," ujar Helen Anderson, seorang lactation educator dan Founder Milkies Milk Saver.

Anderson mengingatkan dalam memilih cooler bag juga sebaiknya Bunda memeriksa keamanan dan ketahanan dari material yang ditawarkan cooler bag. Sehingga akan lebih awet ketika digunakan. 

Berikut ini beberapa tips memilih cooler bag yang bisa dijadikan referensi seperti dikutip dari laman Healthline:

1. Ukuran tas

Jika Bunda ingin cooler bag muat dengan ruang tertentu untuk perjalanan atau penyimpnanan, sebaiknya Bunda mempertimbangkan faktor besarnya ukuran tas. Pastikan bagian yang memiliki lapisan pendingin menampung beberapa botol ASIP atau kantong ASIP. 

Sedangkan ruangan di atasnya harus disesuaikan pula dengan besar mesin pompa, serta kebutuhan yang biasanya dibawa di dalam tas. Seperti tisue dan hand sanitizer. 

Informasi lebih lengkap klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak cara memilih botol ASI perah yang tepat yuk dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERTIMBANGKAN TINGKAT KEDINGINAN TAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi