sign up SIGN UP search


menyusui

4 Penyebab Bayi Baru Lahir Hanya Mau Menyusu Sebentar, Tak Perlu Panik

Annisa Karnesyia Senin, 24 May 2021 18:12 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Bayi baru lahir terus menyusu tanpa henti dalam jeda waktu singkat, Bunda? Kondisi ini bisa disebut cluster feeding pada bayi batu lahir.

Bayi baru lahir normalnya akan menyusu 8 hingga 12 jam dalam sehari. Pada bayi yang mengalami cluster feeding, dia bisa terus-menerus menyusu dalam jeda waktu singkat, biasanya di malam atau siang hari.

Menurut penulis buku Dads, Teach Your Child About Manners, Jennifer White, tidak ada yang salah dari kondisi cluster feeding. Sebab, beberapa bayi memang cenderung makan sebelum tidur siang atau selama fase percepatan pertumbuhan.


"Biasanya cluster feeding terjadi pada bayi menyusu ASI, meski bisa juga terjadi pada bayi yang diberi susu formula," kata White, dikutip dari Very Well Family.

Tanda bayi mengalami cluster feeding biasanya mudah untuk dikenali, Bunda. Segera setelah selesai makan, bayi akan menunjukkan rasa lapar yang khas.

Tanda-tanda ini dapat ditunjukkan dari mulut yang mengecap, menggigit payudara Bunda, membuka mulutnya, atau menoleh ke benda apa pun yang menyentuh pipinya. Meski normal terjadi pada bayi, cluster feeding bisa bikin Bunda kelelahan secara fisik, mental, dan emosional karena terus menyusui.

Kunci tumbuh kembang anak ada di 1.000 hari kehidupannya, Bunda. Artinya, di masa ini kita perlu memberikan nutrisi terbaik, termasuk memberi ASI ketika bayi baru lahir.

ASI bagi bayi baru lahir berfungsi sebagai 'suplai dan permintaan'. Jika bayi membutuhkan ASI lebih banyak, maka tubuh Bunda otomatis akan memproduksinya sesuai kebutuhan.

Cluster feeding pada bayi baru lahir terbilang normal. Pemberian makan berlipat biasanya membantu menyuplai ASI bagi Bunda serta meningkatkan asupan kalori harian bayi.

Pada bayi baru lahir, cluster feeding bisa membuat anak tampak lebih rewel dari biasanya. Lalu apa penyebab cluster feeding pada bayi baru lahir?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENYEBAB CLUSTER FEEDING BAYI BARU LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi