sign up SIGN UP search


menyusui

Ingin Beli Cooler Bag ASI? Ini 6 Hal yang Bunda Perlu Tahu

Kinan Rabu, 18 Aug 2021 15:53 WIB
Set of  Baby milk bottles in cooling bag caption

Bagi para bunda menyusui, cooler bag ASI menjadi salah satu benda yang penting dimiliki. Terutama jika Bunda merupakan pekerja kantoran. Cooler bag dapat digunakan untuk menjaga suhu ASI perah agar tetap sejuk di luar lemari es.

Seperti diketahui, air susu ibu alias ASI tidak boleh dibiarkan pada suhu ruang terlalu lama karena dapat memengaruhi kualitas ASI.

Dikutip dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI),  ASI dapat disimpan dalam insulated cooler bag dengan ice gel pack selama 24 jam. Ini berarti cooler bag memiliki fungsi penting menjaga ASI tetap dingin, terutama saat Bunda di luar rumah atau dalam perjalanan. 


Tips memilih cooler bag ASI yang sesuai

Saat ini, ada banyak pilihan cooler bag ASI dengan berbagai kelebihannya. Agar manfaatnya maksimal, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Bunda. 

Jangan sampai kualitas dan kuantitas stok ASI perah justru berkurang karena keliru menentukan cooler bag yang tepat saat pembelian.

Nah, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli cooler bag ASI?

Ukuran tas

Penting untuk memperkirakan seberapa banyak botol atau kantong ASI yang akan disimpan di dalam cooler bag. Ini untuk menentukan seberapa besar ukuran tas yang perlu dibeli.

Dikutip dari Healthline, tidak dianjurkan memaksa menyimpan botol atau kantong ASI perah terlalu penuh di dalam cooler bag. Hal ini dapat berisiko merusak kemasan dan membuat ASI bocor.

Bahan tas

Seperti fungsinya, maka penting pula memperhatikan kualitas bahan bagian dalam tas. Terutama pada bagian insulated, yang digunakan untuk menyimpan ASI. Bagian ini biasanya memiliki lapisan khusus yang kedap suhu dingin, sehingga ASI yang disimpan suhunya bisa dingin lebih lama.

Ingat, Bunda perlu menggunakan ice gel pack yang beku agar suhu dingin di dalam cooler bag ASI terjaga lebih lama.

Perhatikan juga kualitas ritsleting, terutama di bagian penyimpanan ASI. Ini dapat membantu memastikan ASI perah tersimpan dengan baik nantinya.

Kemudahan pembersihan

ASI perah tumpah atau bocor di dalam cooler bag dapat terjadi kapan saja. Nah, perhatikan apakah kemasan di dalam cooler bag (terutama di bagian menyimpan ASI) mudah dibersihkan atau tidak, ya?

Fitur ini penting supaya kebersihan di dalam cooler bag bisa tetap terjaga. Jika bahannya justru menyerap air, dikhawatirkan ASIP yang bocor juga dapat lembap sehingga memicu aroma tak sedap jika tak langsung dibersihkan.

Model tas

Cooler bag ASI yang praktis merupakan salah satu hal yang juga perlu diperhatikan Bunda. Saat ini, tersedia cooler bag dengan berbagai model. Mulai dari tas ransel, tas selempang hingga tas jinjing.

Sayangnya, tidak semua cooler bag cocok untuk setiap acara. Jadi, pastikan untuk memilih model yang sesuai dengan kebutuhan. 

Untuk di kantor misalnya, Bunda mungkin membutuhkan model cooler bag ASI yang ringkas dan mudah dibawa. Atau bisa juga Bunda memilih cooler bag model ransel dengan slot khusus laptop.

Yang tak kalah penting, perhatikan kualitas tali tas. Pilih cooler bag dengan tali tas berbahan kuat supaya lebih tahan lama.

Kantong penyimpanan ekstra

Meskipun bukan fitur yang paling penting, tapi mungkin akan membantu jika cooler bag ASI yang dipilih memiliki ruang penyimpanan ekstra untuk kunci, dompet, atau barang pribadi lainnya. 

Semakin sedikit tas dan barang individual yang harus Bunda bawa, semakin mudah untuk memastikan semuanya aman.

Warna tas

Saat ini sudah banyak warna dan motif cooler bag ASI yang tersedia di pasaran. Walaupun terkesan sepele, tapi memilih tas dengan motif favorit tanpa disadari dapat menambah semangat untuk memerah ASI lho, Bunda!

Nah, setelah memilih cooler bag ASI tepat, hal penting lain yang juga perlu mendapatkan perhatian yakni teknik penggunaannya. Jangan sampai keliru memakai cooler bag sehingga kualitas ASI malah menurun.

Saat menyimpan botol atau kantong ASI dalam cooler bag, pastikan ukurannya sesuai dan jangan dipaksakan sampai penuh. Ini berisiko membuat kemasan bocor dan tumpah. Selain itu, gunakan ice gel pack yang beku dan berkualitas, supaya dinginnya maksimal.

Simpan ice gel pack di dalam freezer selama bunda menyusui berada di kantor, kemudian masukkan ke dalam cooler bag untuk menjaga suhu ASI di perjalanan pulang.

Demikian ulasan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli cooler bag ASI. Ingat, jangan lupa untuk menjaga kebersihan cooler bag dengan mencucinya secara berkala, ya.

Simak juga manfaat skin to skin dengan bayi baru lahir dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!