sign up SIGN UP search


menyusui

Tidak Bahayakan ASI, Tapi Kok Busui Dilarang Minum Es Sih?

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 14 Jun 2021 08:20 WIB
Portrait of young beautiful woman relaxing at cafe drinking coffee. caption

Jakarta - Minum es terutama saat cuaca panas sangatlah menyegarkan ya, Bunda. Rasanya tak mau berhenti karena kerongkongan langsung segar. Terasa nyess gitu. Tak heran, siapapun menginginkannya termasuk para ibu menyusui. Hmm, emang boleh ya, para ibu menyusui minum es?

Ada banyak hal yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam kehamilan, persalinan, ketika menyusui. Beberapa di antaranya merupakan mitos tanpa banyak bukti ilmiah. Dan sebagian di antaranya bersifat faktual dengan penjelasan ilmiah yang memadai.

Salah satu hal yang mungkin banyak disinggung ketika menjadi ibu menyusui yakni disarankan untuk minum minuman hangat dan menghindari air dingin, es, atau minuman dingin apa pun.


Memang, tidak banyak penelitian yang dilakukan mengenai hal ini sehingga tidak ada bukti substansial yang membuktikan bahwa minum dingin atau minum es tidak baik setelah melahirkan dan juga ketika menyusui. 

Tetapi, sebenarnya banyak yang meyakini bahwa alasan utamanya untuk tidak minum es atau minuman dingin lainnya, karena minum air hangat atau suhu ruang dianggap dapat memengaruhi pencernaan yang baik. Minum es atau minuman dingin lainnya dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi seperti pilek dan batuk. Terutama bagi Bunda yang memiliki sensitivitas terhadap kondisi dingin, seperti dikutip dari laman Being the Parent.

Menurut Dr Disha Patel, seorang Ayurvedic Pyhsician Expert bahwa apakah ibu menyusui minum es dibolehkah? Disha menyarankan agar sebaiknya ibu menyusui meminum air dengan suhu ruang dan bukan air dingin.

"Ibu menyusui bisa minum cairan dengan temperatur suhu ruang, bukan air dingin. Dengan memiliki banyak air, termasuk air matang dan bersih sangat membantu kesehatan busui," ujarnya seperti dikutip dari laman Parenting First Cry.

Ya, selama menyusui, memang sebaiknya Bunda mengonsumsi cairan dengan kondisi suhu ruang ya, Bunda. Meskipun hal tersebut tidak akan memengaruhi bayi ketika Bunda mengonsumsi es atau minuman dingin lainnya. Lalu, apa yang perlu dikhawatirkan?

Informasi lebih lengkap klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Selain itu, simak juga yuk perbedaan es dari air mentah dan air matang dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



IBU MENYUSUI MINUM AIR ES APAKAH BAHAYAKAN ASI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi