sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Menyusui, Dapat Atasi Puting Lecet Bun

Annisa Karnesyia Minggu, 27 Jun 2021 08:10 WIB
Minyak zaitun caption
Jakarta -

Minyak zaitun atau virgin oil dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tak hanya itu, minyak zaitun juga bagus untuk Bunda yang lagi menyusui lho.

Secara umum, minyak zaitun ada yang bisa dikonsumsi, ada juga yang digunakan sebagai produk kecantikan. Meski begitu, ada pula minyak zaitun yang bisa digunakan untuk kedua manfaat tersebut.

Minyak zaitun kaya akan vitamin E yang larut dalam lemak. Vitamin ini dapat mendukung kesehatan saraf dan berperan dalam kekebalan tubuh.


Pada Bunda menyusui, penggunaan minyak zaitun bisa langsung dikonsumsi atau dioles. Minyak ini mampu mengatasi masalah yang dihadapi Bunda selama menyusui lho.

Berikut telah HaiBunda rangkum 5 manfaat minyak zaitun bagi Bunda yang menyusui:

1. Menjaga kualitas ASI

Bunda dapat mengonsumsi extra virgin olive oil (EVOO) selama menyusui karena bisa menjaga kualitas ASI. Minyak zaitun jenis ini mengandung asam lemak yang baik, yakni omega-3.

"Lemak baik sangat penting untuk perkembangan otak bayi dan kualitas ASI," kata pakar nutrisi dan kesehatan, Erin Macdonald, RDN, dilansir Cafemom.

Dua jenis asam lemak omega-3, asam alfa-linoleat (ALA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA) berperan besar dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak bayi serta sistem kekebalan tubuhnya. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan Bunda menyusui untuk mengonsumsi 200 hingga 300 mg omega-3 per hari.

EVOO aman dikonsumsi secara langsung karena tidak dimurnikan dan memiliki tingkat keasaman yang rendah dibandingkan jenis minyak zaitun lainnya. Bunda dapat mencampur minyak zaitun ini di dalam salah sayuran atau digunakan untuk menumis makanan.

2. Anti inflamasi

Minyak zaitun mengandung tinggi lemak tak jenuh tunggal yang telah terbukti bisa meningkatkan kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL), Bunda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun memiliki efek inflamasi dengan mengurangi protein c-reaktif saat dikonsumsi bersama makanan lain.

Jurnal di Current Pharmaceutical Design tahun 2011 menyebutkan, minyak zaitun murni mengandung banyak senyawa fenolik oleocanthal yang bersifat anti inflamasi. Senyawa ini juga memiliki efek yang mirip ibuprofen.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MANFAAT MINYAK ZAITUN: ATASI PUTING LECEH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi