sign up SIGN UP search


menyusui

10 Obat Alami untuk Luka Lecet di Payudara Saat Menyusui

Kinan Rabu, 02 Jun 2021 10:52 WIB
Ilustrasi menyusui caption

Saat menyusui, luka lecet di payudara menjadi salah satu masalah umum yang rentan terjadi. Kondisi ini terutama karena posisi perlekatan yang masih belum sempurna.

Akibatnya, bayi tidak bisa menyusu dengan benar dan berujung pada luka di puting. Efeknya bisa memicu rasa nyeri luar biasa, terutama jika sampai tampak retak, kering dan bahkan berdarah.

Selain mempelajari tentang pengaturan posisi perlekatan yang tepat, meredakan lecet dengan obat-obat alami bisa juga Bunda coba. Jika tak kunjung sembuh dan sampai mengganggu frekuensi menyusui, jangan tunda konsultasi ke dokter, ya


Faktor penyebab luka lecet di payudara

Seperti disebutkan sebelumnya, penyebab paling umum dari puting yang luka lecet saat menyusui adalah perlekatan mulut bayi yang kurang pas. Gesekan ini bisa menyebabkan puting jadi kering dan pecah-pecah.

Selain itu, sebagian bayi juga dapat mengisap dengan kuat sehingga menyebabkan nyeri dan luka pada puting.

Menunda jadwal menyusui atau memerah pun bisa berisiko membuat luka di payudara, terutama ketika suplai air susu ibu (ASI) sedang banyak. Ini dapat membuat payudara bengkak dan ASI mengendap, sehingga puting rentan terluka.

Obat alami untuk luka di payudara

Dikutip dari Parenting First Cry, berikut daftar obat alami untuk luka di payudara yang bisa Bunda coba di rumah:

1. Cuka sari apel

Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air. Setelah menyusui, celupkan bola kapas ke dalam campuran dan peras kelebihan cairannya.

Oleskan dengan lembut ke puting dan areola. Campuran ini akan menghancurkan bakteri dan menjaga puting tetap bersih. 

Setelah itu, ambil satu sendok makan minyak kelapa mentah dan oleskan ke puting. Ini membantu memastikan puting tidak akan kering dan pecah-pecah.

2. Tea tree oil

Campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan air hangat. Rendam kain bersih ke dalam campuran dan oleskan dengan lembut pada puting, biarkan hingga kering lalu bilas dengan air bersih. Ini adalah obat alami yang efektif untuk luka di payudara.

3. Oleskan ASI

Meski unik, cara ini juga relatif aman untuk mengobati lecet di puting. Ya, ASI sendiri bisa menjadi obat terbaik untuk mengobati luka di payudara. Ini karena ASI memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu menyembuhkan puting yang sakit, kering atau pecah-pecah.

Oleskan ASI pada puting sebelum dan setelah menyusui sekitar 4-5 kali sehari.

4. Kompres dengan air dingin

Kompres dingin dapat berguna untuk meredakan nyeri pada puting yang luka. Letakkan beberapa es batu di kain dan tekan dengan lembut ke puting selama sekitar 10 menit. Bunda dapat menggunakan metode ini secara teratur untuk meredakan luka di payudara.

5. Minyak zaitun

Campurkan satu tetes tea tree oil dan satu sendok makan minyak zaitun dalam air hangat. Rendam campuran tersebut ke dalam bola kapas dan oleskan pada puting. Biarkan mengering secara alami, lalu bilas dengan air dan keringkan. Ini akan membantu meredakan nyeri pada puting.

6. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal memiliki khasiat yang menenangkan. Potong daun tanaman lidah buaya dan keluarkan gel di dalamnya. Oleskan ke puting dengan lembut dan jangan lupa bilas hingga bersih.

7. Kantong teh celup

Rendam beberapa kantong teh kamomil dalam air panas sebentar. Setelah itu, keluarkan dari air dan biarkan dingin hingga mencapai suhu yang hangat.

Peras kantong teh untuk mengeluarkan air berlebih dan letakkan di puting yang luka. Ini akan menciptakan efek menenangkan. Ingatlah untuk mencuci puting terlebih dahulu sebelum menyusui.

8. Minyak calendula

Tak cuma efektif digunakan sebagai skincare, minyak calendula juga bisa menjadi obat alami untuk luka di payudara lho, Bunda.

Bunga calendula dikenal dapat melembapkan kulit kering, termasuk puting yang pecah-pecah dan luka. 

Campurkan minyak zaitun dan minyak calendula, lalu oleskan ke puting. Bilas terlebih dahulu sebelum menyusui si Kecil, ya.

9. Kompres air hangat

Selain kompres dingin, Bunda juga bisa melakukan kompres air hangat sebagai obat alami untuk luka di payudara. Meskipun tidak ada manfaat sifat antibakteri, penggunaan kompres hangat setelah menyusui dapat meredakan nyeri pada puting yang pecah-pecah.

10. Larutan air garam

Larutan garam buatan sendiri dapat membantu menghidrasi kulit dan mempercepat penyembuhan. Campurkan 1/2 sendok teh garam dalam 250 ml air hangat, rendam puting yang luka dalam larutan ini selama satu menit setelah menyusui.

Bunda juga bisa menggunakan botol semprot untuk mengoleskan larutan ke semua area puting. Lalu tepuk-tepuk dengan lembut hingga kering. Bilas hingga bersih sebelum menyusui, ya.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi