sign up SIGN UP search


menyusui

5 Kandungan Obat Pilek yang Aman untuk Ibu Menyusui, Catat ya Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 11 Jan 2022 13:15 WIB
Ibu menyusui minum obat Ilustrasi ibu menyusui/Foto: iStock

Jakarta - Menyusui saat tubuh bunda kurang fit memang tidak nyaman ya. Bunda pun mungkin mengkhawatirkan Si Kecil yang menyusu ketika sedang sakit. Namun, Bunda tidak perlu khawatir, teruslah menyusui Si Kecil bahkan saat mengalami pilek atau flu.

Banyak kok obat pilek yang aman untuk Bunda konsumsi saat menyusui Si Kecil. Apa saja obat yang aman untuk Bunda yang sedang menyusui? Simak berikut ini, ya.

Bisakah Bunda menyusui ketika sakit?

Tentu, Bunda dapat menyusui meskipun ketika sakit. Menyusui saat sakit tetap baik untuk Bunda dan Si Kecil. Melanjutkan menyusui juga merupakan pengingat yang baik untuk menjaga diri Bunda tetap terhidrasi sepenuhnya.


Bunda membutuhkan hidrasi yang cukup membuat ASI dan itu juga membantu meringankan gejala. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan Bunda dengan menyusui saat sakit :

  • Usia bayi
  • Potensi efek obat pada produksi ASI
  • Jumlah obat yang akan memasuki suplai susu
  • Proporsi asupan susu bayi yang berasal dari ASI

Bagaimana mengetahui obat pilek dan alergi yang aman?

Untuk mengetahui obat pilek dan alergi yang aman, Bunda dapat pastikan melalui penyedia layanan kesehatan atau dokter terlebih dahulu jika Bunda sedang menyusui dan berencana untuk minum obat baru.

Hindari minum obat yang tidak perlu, seperti obat herbal, vitamin dosis tinggi, dan suplemen yang tidak biasa.

Jangan lupa tanyakan kepada dokter Bunda tentang waktu yang tepat untuk minum obat. Misalnya, minum obat segera setelah menyusui dapat membantu meminimalkan paparan Si Kecil. Namun, obat yang berbeda memuncak dalam ASI pada waktu yang berbeda.

Banner Model Bosnia DisekapBanner Model Bosnia Disekap/ Foto: HaiBunda/Mia

5 Kandungan obat pilek yang aman untuk ibu menyusui

Obat-obatan berikut ini dianggap aman untuk Bunda yang sedang menyusui, tetapi lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum memilih obat baru, ya Bunda.

1. Claritin (Loratadine)

Claritin mengobati gejala alergi umum, seperti bersin, pilek, dan mata gatal, merah, atau berair.

“Loratadine adalah obat alergi yang membantu alergi musiman dan gejala demam, tetapi umumnya tidak efektif untuk meredakan pilek, flu, atau virus lainnya,” Kata Peter Rizk, seorang profesor dan kepala Reproduksi Endokrinologi & Infertilitas di University of South Alabama dan konsultan dengan Fairhaven Health, dikutip dari Verywell Family.

Bunda dapat mengonsumsi obat ini secara teratur saat menyusui. Penelitian menunjukkan bahwa sejumlah kecil Claritin melewati ASI, dan itu tidak akan menimbulkan masalah bagi Si Kecil.

2. Zyrtec (Cetirizine)

Zytrec yang mengandung bahan cetirizine adalah antihistamin. Hal ini sebagian besar digunakan untuk mengobati alergi di dalam dan luar ruangan, demam, dan gatal-gatal.

Meskipun aman untuk mengonsumsi Zytrec saat menyusui, penting untuk diketahui bahwa beberapa obat dapat melewati ASI. Penelitian telah menunjukkan bahwa sejumlah kecil mungkin ada dalam ASI, tetapi tidak cukup untuk membahayakan Si Kecil.

3. Allegra Allergy (Fexofenadine)

Fexofenadine adalah obat yang digunakan untuk mengobati alergi musiman. Ini adalah antihisamin yang memberikan bantuan dari bersin, mata berair, pilek, gatal, dan kondisi alergi lainnya.

Bunda yang menyusui cukup aman menggunakan obat ini. Namun, semua obat masuk ke dalam ASI dalam jumlah tertentu. Jadi, Fexofedine dapat masuk ke dalam ASI dalam dosis yang rendah.

4. Mucinex

Mucinex adalah ekspektoran. Ini digunakan untuk melonggarkan lendir dan menghilangkan gejala pilek dan flu termasuk nyeri tubuh, sakit kepala, batuk, sesak dada, hidung tersumbat, tekanan sinus, dan sakit tenggorokan.

Pada umumnya, aman bagi Bunda yang sedang menyusui untuk mengonsumsi obat ini. Namun, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan dosis yang tepat.

5. Afrin (Oxymetazoline)

Dekongestan ini disemprotkan ke hidung dan tidak mungkin masuk ke suplai ASI. Siapa pun yang menggunakan obat ini hanya boleh menggunakannya selama tiga hari paling lama, karena tubuh Bunda dapat menjadi ketergantungan padanya.

Tidak ada penelitian yang menunjukkan efek penggunaan Afrin saat menyusui. Meskipun tidak diketahui secara pasti, sebuah sumber di Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, menunjukkan bahwa sedikit dari obat ini akan diteruskan ke Si Kecil melalui ASI. Meski begitu, sebaiknya bicarakan dengan dokter mengenai manfaat dan risiko sebelum menggunakannya, ya Bunda.

Selain menggunakan kelima obat tersebut, Bunda juga dapat mengatasi pilek dengan cara alami saat menyusui. Apa saja obat alami mengatasi pilek saat menyusui? Simak di halaman berikutnya, ya Bunda.

Simak juga video tentang obat diare yang aman untuk ibu menyusui di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



OBAT ALAMI YANG AMAN ATASI PILEK SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!