sign up SIGN UP search


menyusui

4 Obat Flu yang Aman untuk Ibu Menyusui

Siti Hafadzoh Jumat, 12 Jun 2020 07:25 WIB
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. caption
Jakarta -

Cuaca yang sering berubah-ubah, dari panas lalu hujan membuat banyak orang mengalami flu. Tak terkecuali ibu menyusui.

Nah, ketika menyusui, Bunda tentu berpikir panjang untuk memilih obat yang akan diminum. Jangan sampai obat tersebut malah mengurangi produksi ASI atau berbahaya untuk si kecil.

Menurut konselor laktasi dr Hikmah Kurniasari MKM, CIMI, memang ada beberapa obat flu yang menghambat hormon menyusui. Misalnya, obat yang mengandung pseudoefedrin menghambat hormon prolaktin.


"Jadi ternyata pseudoefedrin punya efek samping menghambat kerja prolaktin. Jadi kadang ibu menurun produksi ASI-nya," kara Hikmah beberapa waktu lalu.

Bunda perlu lebih teliti dalam memilih obat flu yang aman untuk ibu menyusui. Untuk menjadi patokan, dikutip dari Today's Parent, berikut 4 obat flu yang aman untuk ibu menyusui:

1. Obat alami

Obat yang paling pertama harus Bunda coba adalah herbal. Misalnya, minum teh hangat atau lemon tea dengan madu. Bunda juga bisa menggunakan humidifier. Ini akan mempermudah lendir di hidung untuk dikeluarkan.

"Obat-obatan ini 100 persen aman, dan bekerja," kata Michelle Morais, spesialis obat ibu dan janin di McMaster University in Hamilton.

Namun, perlu diperhatikan ya, Bunda, konsumsi mentol berlebihan pada humidifier dapat mengurangi produksi ASI. Begitu pula dengan teh peppermint, perlu dihindari ibu menyusui.

2. Guaifenesin

Ekspektoran yang ditemukan ditemukan di berbagai obat batuk ini dapat menghilangkan lendir di hidung dan membuat lebih mudah bernapas. Obat ini tidak apa-apa diminum ketika menyusui dan tidak memengaruhi bayi, serta ASI.

Namun, ekspektoran ini tidak berfungsi dengan baik. Jadi, kalau bisa lebih baik tidak meminumnya.

3. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat anti inflamasi nonsteroid dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ini tidak akan memengaruhi bayi atau produksi ASI. Persentase obat ini mengalir ke ASI sangat rendah, Bunda.

4. Vitamin C

Vitamin C aman dikonsumsi oleh ibu hamil selama tidak melebihi batas asupan per hari. Batas kebutuhan vitamin C per hari untuk ibu menyusui yaitu 2000 miligram.

Namun, kalau ragu untuk memilih obat yang tepat, konsultasikan dengan dokter atau konselor laktasi ya, Bunda.

Semoga membantu.

Lihat juga obat alami untuk menurunkan demam anak di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi