sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat ASI agar Efektif Lindungi Anak dari Penularan COVID-19

Meita Fajriana Jumat, 09 Jul 2021 17:44 WIB
PERLIDUNGAN ASI TERHADAP ANAK DARI COVID-19
Ibu menyusui caption

Cara agar ASI efektif lindungi anak dari Covid-19

Selama bayi mengkonsumsi ASI yang mengandung antibodi, dapat mencegah mereka terinfeksi virus COVID-19. Lalu berapa banyak ASI yang dapat melindungi anak? Bayi yang mengonsumsi ASI sepanjang hari lebih mungkin terlindungi daripada bayi yang hanya sesekali mendapatkan ASI. Tetapi tetap disesuaikan dengan kondisi Bunda saat menyusui ya. Ada Bunda yang hanya bisa memberi sedikit ASI kepada anak yang lebih besar karena beberapa alasan. 

Manfaat perlindungan ASI bekerja lebih seperti pil yang harus diminum setiap hari daripada suntikan yang berlangsung satu kali. Pertahanan jangka pendek ini, yang dikenal sebagai perlindungan pasif mungkin hanya bertahan beberapa jam atau hari sejak anak terakhir kali diberikan ASI. Namun, perlindungan ini tidak sama dengan anak divaksinasi COVID-19, namun mereka mendapatkan perlindungan dari antibodi yang terkandung dalam ASI. 

Peneliti ASI di University of Rochester Medical Center, Dr. Seppo juga menemukan bahwa dibutuhkan waktu sekitar dua minggu setelah suntikan vaksin pertama pada ibu menyusui agar antibodi muncul dalam ASI dan memuncak setelah suntikan kedua.


(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!