sign up SIGN UP search


menyusui

Jennifer Bachdim Divaksin COVID-19, Pastikan Aman untuk Ibu Menyusui

Annisa Karnesyia Kamis, 08 Jul 2021 14:41 WIB
Jennifer Bachdim caption
Jakarta -

Istri pesepak bola Irfan Bachdim, Jennifer Bachdim, baru saja menjalani vaksinasi COVID-19, Bunda. Ibu tiga anak ini membagikan video singkat saat dirinya tengah disuntik vaksin sambil mengenakan masker hitam.

Dalam video itu, Jennifer tampak santai dan tenang. Ia lalu tersenyum ketika sudah mendapatkan vaksin.

Di postingan Instagram, Jennifer mengatakan bahwa dirinya sudah melakukan research tentang vaksin ini dari dokter-dokter, terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Seperti kita tahu, saat ini Jennifer juga masih menyusui anak bungsunya, Kiyoji Kaynen Bachdim.


"Just got my 1st shot!! Tadi saya dapat COVID-19 vaccine dan saya sudah research dan tanya doctor2 di Jerman, Belanda dan Indonesia dan semua bilang buat ibu hamil dan ibu menyusui Covid19 vaccine sudah aman," tulisnya, dikutip dari Instagram, Rabu (7/7/21).

Jennifer Bachdim vaksinJennifer Bachdim vaksin/ Foto: Instagram @jenniferbachdim

Vaksin COVID untuk ibu menyusui memang sudah dipastikan aman ya, Bunda. Sementara itu untuk ibu hamil, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah mengeluarkan rekomendasi tentang jenis vaksin yang bisa digunakan selama kehamilan.

Bicara soal vaksin COVID-19 untuk menyusui, pemerintah telah mengeluarkan Surat Edaran nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid dan Penyintas COVID-19, serta Sasaran Tunda.

Dalam Surat Edaran tersebut, ibu menyusui masuk sebagai kelompok yang bisa menerima vaksin. Bunda enggak perlu khawatir dengan vaksinasi saat menyusui. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 tak hanya aman untuk Bunda yang menyusui, tapi juga bermanfaat untuk buah hati.

Antibodi vaksin COVID-19 ternyata bisa dideteksi di ASI lho. Artinya, kekebalan dari vaksin ini berpotensi bisa didapatkan bayi melalui ASI. Seperti apa penjelasannya?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 7 aktivitas yang rentan menularkan COVID-19, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

ANTIBODI VAKSIN DITEMUKAN DI ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi