sign up SIGN UP search


menyusui

Jangan Asal-asalan, Ini Ragam Pilihan Obat Flu untuk Ibu Menyusui

Kinan   |   Haibunda Rabu, 28 Jul 2021 14:06 WIB
Ibu menyusui caption

Memilih obat flu untuk ibu menyusui dan hamil sedikit berbeda ya, Bunda. Pada sebagian besar kondisi, bahan kimia yang berasal dari obat-obatan bisa melewati plasenta dengan mudah.

Berbeda dengan plasenta, sebagian besar bahan kimia obat tidak masuk ke dalam ASI. Namun demikian, bukan berarti Bunda bisa bebas minum obat flu saat menyusui.

Selain memerhatikan kondisi kesehatan, saat memilih obat flu untuk ibu menyusui perhatikan juga komposisinya. Beberapa bahan tertentu sebaiknya tak dikonsumsi ibu menyusui karena diyakini dapat mengganggu suplai ASI.


Jika memungkinkan, sebelum minum obat flu sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sampaikan bahwa Bunda sedang menyusui, sehingga dokter nantinya dapat memberikan resep obat flu yang aman.

Tanda dan gejala flu

Sebelum mencari tahu tentang pilihan obat flu untuk ibu menyusui, pahami dulu tanda dan gejala flu yang tepat. Sebab flu sering kali dianggap sama dengan pilek biasa.

Dikutip dari What to Expect, gejala flu umumnya lebih berat dibandingkan pilek biasa, yaitu:

  • Demam tinggi dan meriang
  • Nyeri otot
  • Sakit tenggorokan yang umumnya memburuk pada hari kedua atau ketiga
  • Sakit kepala
  • Tubuh terasa lemas
  • Bersin-bersin
  • Batuk 
  • Kadang-kadang menimbulkan mual, muntah dan atau diare

Gejala flu biasanya dapat berlangsung hingga dua minggu, meskipun bisa juga lebih lama. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus influenza. 

Pilihan obat flu untuk ibu menyusui

Nah, apa saja ya pilihan obat flu untuk ibu menyusui? Berikut informasinya untuk Bunda:

Parasetamol

Jika flu disertai dengan demam tinggi, obat flu dengan kandungan parasetamol bisa dikonsumsi. Jenis bahan obat ini tidak memengaruhi bayi dan suplai ASI. Konsumsi sesuai kebutuhan dan patuhi dosis dalam kemasan, ya.

Ibuprofen

Selain parasetamol, bahan obat ibuprofen juga bisa dikonsumsi sebagai penurun demam saat Bunda terkena flu.

Obat batuk tertentu

Batuk bisa menjadi salah satu gejala yang paling mengganggu ketika sedang flu. Selain membuat napas tak nyaman, batuk juga bisa mengganggu kenyamanan Bunda saat istirahat.

Namun demikian, perhatikan komposisi saat memilih obat batuk, ya. Beberapa bahan seperti pseudophedrine, dekstrometorfan dan kodein sebaiknya tak dikonsumsi ibu menyusui karena dipercaya bisa mengganggu suplai ASI.

Permen pastiles

Permen pastiles biasanya dapat membantu meredakan gejala tak nyaman di tenggorokan, termasuk saat Bunda kena flu. Bahan dalam jenis permen ini umumnya tidak terserap ke dalam ASI, sehingga dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Obat flu alami untuk ibu menyusui

Selain dengan obat apotek, gejala flu pada ibu menyusui juga dapat diredakan dengan memanfaatkan bahan alami. Ini terutama jika Bunda khawatir bahan kimia dalam obat apotek dapat memengaruhi ASI.

Berikut daftar obat flu untuk ibu menyusui dari cara rumahan dan alami:

1. Istirahat cukup

Saat flu, sistem kekebalan tubuh Bunda bekerja ekstra untuk melawan virus. Kondisi ini bisa menjadi lebih maksimal jika Bunda istirahat dengan cukup. Sebab saat tidur, tubuh secara aktif melawan infeksi.

Mintalah bantuan suami atau anggota keluarga lain untuk menjaga si Kecil supaya Bunda bisa lebih banyak istirahat. Atau saat bayi sudah tidur, berikan waktu bagi diri sendiri untuk juga ikut istirahat, ya.

2. Memasang humidifier

Humidifier dapat menambah kelembapan udara, yang dapat membantu mengatasi batuk atau tenggorokan gatal, termasuk saat flu.

Pastikan untuk membersihkan dan mengeringkan humidifier secara menyeluruh secara rutin, ya. Ini mencegah penumpukan jamur dan bakteri yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

3. Teknik uap

Teknik uap dilakukan dengan menuangkan air panas dan dicampur dengan minyak kayu putih, guna 'mendorong' penumpukan lendir keluar dari lubang hidung. Teknik ini juga dapat membuat pernapasan jadi lebih lega.

4. Cukupi kebutuhan hidrasi tubuh

Saat sakit, tubuh membutuhkan cukup cairan setiap hari untuk membersihkan racun dan bekerja secara normal.

Tetap terhidrasi membantu mengatasi gejala flu seperti demam, serta membantu membersihkan lendir hidung.

Selain dari minum air putih, cairan juga bisa didapat dari konsumsi makanan dengan tinggi kandungan air. Misalnya buah-buahan seperti semangka dan jeruk, serta makanan lain seperti sayur bening atau sup kaldu.

Demikian ulasan tentang berbagai obat flu untuk ibu menyusui yang dapat diterapkan. Jika gejala berlanjut, jangan tunda untuk segera konsultasi ke dokter ya, Bunda.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!