sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Terkena Flu, Bolehkah Minum Obat?

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 22 Feb 2021 11:29 WIB
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. caption

Saat cuaca tak bersahabat, gangguan flu sering menghampiri. Rasanya tentu tidak enak sekali, apalagi jika yang terkena flu adalah ibu menyusui yang tak bisa sembarang mengonsumsi obat.

Ya, ketika menyusui memang Bunda mungkin tidak akan seleluasa mengonsumsi obat ketika tidak menyusui. Terutama ketika ingin mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Tetapi, seringkali gangguan flu memang sangatlah membuat tidak nyaman sehingga tak sedikit ibu menyusui yang mengonsumsi beberapa obat pereda flu yang diklaim aman dan dijual bebas di pasaran.

Melansir Todaysparent, jika Bunda masuk angin biasa, sebaiknya Bunda hanya perlu menunggu. Karena, tidak ada yang dapat Bunda lakukan untuk mempersingkat durasinya. Tetapi, Bunda dapat meredakannya dengan lebih banyak istirahat dan minum banyak cairan untuk membantu merawat tubuh melawan kondisi tersebut. 


Sementara itu, jika kondisi masuk angin disertai flu semakin tidak bersahabat, acetaminophen banyak menjadi pilihan obat flu untuk ibu menyusui. Acetaminophen (sejenis paracetamol), telah dipelajari dengan baik pada ibu menyusui. 

Sejumlah kecil obat masuk ke dalam ASI, tetapi itu tidak cukup untuk memengaruhi bayi, dan tidak memengaruhi suplai ASI. Sehingga, obat ini dianggap aman selama menyusui dan sering kali digunakan untuk mengendalikan rasa sakit saat memulihkan diri dari cedera melahirkan atau operasi caesar.

"Antihistamin juga aman untuk ibu menyusui. Obat ini sering diresepkan untuk mengatasi ruam dan masalah lain setelah melahirkan," ujar Shawna Lamond, Direktur dan staf dokter di The Alex Breastfeeding Clinic and Riley Park Lactationdi Calgary.

Meski demikian, Lamond menjelaskan bahwa obat apa pun yang akan mengeringkan hidung tentunya akan mengeringkan semuanya. Antihistamin akan menurunkan produksi ASI. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Informasi lain seputar menyusui bisa Bunda lihat di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

SUPLAI ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi