sign up SIGN UP search


menyusui

Agar Tetap Pede, 4 Trik Jitu Kencangkan kembali Payudara setelah Melahirkan

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 19 Aug 2021 20:21 WIB
Close up portrait of beautiful young mother asian carrying little baby girl in home and sunlight in the morning. Healthcare, love, relationship concept caption

Permasalahan payudara kendur memang jadi momok menakutkan banget bagi wanita, terutama Bunda yang menyusui. Maka itu, enggak mengherankan bila banyak Bunda yang mencari cara untuk mengencangkan payudara agar membuat aset tetap indah.

Seiring bertambahnya usia, payudara kendur juga menjadi perubahan alami yang sulit dihindari. Meskipun menjadi proses alamiah, risiko payudara kendur dapat dicegah ya, Bunda, tentunya dengan cara yang tepat.


Salah satu cara mudahnya, mengenakan bra yang cocok dan menunjang payudara Bunda guna mempertahankan bentuk dan mengangkat payudara. "Sangat direkomendasikan bagi wanita menggunakan bra yang mendukung secara profesional," kata Barry Roseman, MD, seorang ahli bedah payudara dan ahli onkologi, seperti dikutip dari laman Piedmont.

Roseman juga mengatakan Bunda yang menyusui sebenarnya tidak perlu khawatir akan payudara kendur. Penyebab utama payudara kendur bukanlah karena menyusui, melainkan perubahan ukuran yang dialami payudara selama kehamilan.  

Bagi Bunda yang mengkhawatirkan perubahan itu, Roseman menyarankan untuk segera menurunkan berat badan setelah melahirkan untuk mendapatkan kembali ukuran 'normal'. Selain itu, sebaiknya Bunda juga fokus pada upaya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebab, hal ini sangat berdampak positif pada kesehatan payudara sepanjang usia.

Berikut ini beberapa cara mengencangkan payudara yang bisa dilakukan ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Makeupandbeauty:

1. Gunakan minyak pengencang payudara

Saat ini, banyak tersedia berbagai minyak pengencang payudara yang dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga mencegah payudara kendur. Minyak pengencang payudara ini mengandung bahan aktif alami yang membantu  mengembalikan hidrasi pada kulit sehingga menjaga payudara tetap kencang.

2. Tingkatkan asupan cairan

Obat lain yang paling mudah dan alami serta efektif yakni meningkatkan asupan cairan ya, Bunda. Pastikan Bunda minum secara teratur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mempertahankan bentuk payudara. Bila Bunda kurang minum air, kulit dehidrasi sehingga kehilangan elastisitasnya. Jadi, selalu penuhi kecukupan air setiap hari ya, Bunda.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

CARA MENGENCANGKAN KEMBALI PAYUDARA SETELAH HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!