sign up SIGN UP search


menyusui

Jadi Melimpah, Ini Deretan ASI Booster Alami yang Patut Dicoba

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 22 Aug 2021 16:15 WIB
Young Mom Breastfeeding Baby While Working Remotely On Laptop At Home and eating caption

Jakarta - Produksi ASI setiap ibu menyusui memang berbeda satu sama lain. Jadi, Bunda tak perlu berkecil hati ketika mendapati suplai ASI yang dimiliki tidaklah sebanyak Bunda lainnya.

Adakalanya, produksi ASI memang tidak stabil. Ada berbagai faktor yang bisa menjadi pemicunya mulai dari kelelahan, supply & demand yang tidak seimbang, hingga stres.

Beberapa faktor tersebut tak dipungkiri dapat membuat aliran ASI terhambat sehingga Bunda menyusui pun perlu mencari cara lain untuk meningkatkan produksinya. Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan yakni dengan mengonsumsi ASI booster alami yang dipercaya secara efektif meningkatkan produksi ASI Bunda.


"Saya merekomendasikan daun kelor yang ini telah digunakan dalam laktasi di seluruh dunia selama bertahun-tahun," ujar Gina Boling, IBCLC, Direktur Klinis Breastfeeding Center di Greater Washington, seperti dikutip dari laman Healthline.

Tanaman moringa atau daun kelor memang disebut-sebut efektif sebagai ASI booster alami karena kandungan nutrisinya yang tinggi, efek antioksidan serta anti-inflamasinya. Bunda yang menyusui juga dapat menemukannya dengan mudah di pasaran dalam bentuk teh, kapsul, atau bubuk.

Melansir Times of India, beberapa ASI booster alami yang efektif lainnya yakni sebagai berikut ya, Bunda:

1. Bawang putih

Bawang putih dikenal karena sifat laktogeniknya yang membantu meningkatkan pasokan ASI busui. Bunda pun dapat menambahkannya dalam asupan harian atau dapat mengunyahnya secara langsung.

2. Biji fenugreek

Rendam satu sendok makan biji fenugreek dalam satu cangkir air semalaman. Biji fenugreek yang direndam bersama air dapat disaring terlebih dahulu dan diminum setiap pagi untuk meningkatkan pasokan ASI.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video resep 4 smoothies enak untuk ASI booster di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



DERETAN ASI BOOSTER ALAMI YANG PATUT DICOBA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!