sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui, Bisa Perbanyak ASI?

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 05 Jan 2021 09:25 WIB
Happy Brazilian woman drinking coconut water after training at the park - healthy lifestyle concepts caption

Jakarta - Seperti yang kita tahu, air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ya, Bunda. Termasuk juga sangat kaya kegunaan lho bagi Bunda yang sedang menyusui.

Bagi ibu menyusui, air kelapa menjadi salah satu pilihan minuman yang dapat dikonsumsi. Di mana air kelapa untuk ibu menyusui dapat membantu melancarkan ASI mereka.

Menurut penelitian, susu mengandung laktosa yakni sejenis gula yang sulit dicerna oleh  banyak orang, sedangkan air kelapa tidak mengandung senyawa tersebut.


Seorang spesialis nutrisi AS, Dr Josh Axe mengamati bahwa ada sebuah penelitian menyebutkan bahwa air kelapa adalah hal terbaik berikutnya untuk ASI

"Dalam situasi ketika bayi tidak mendapat ASI atau membutuhkan suplemen tambahan, air kelapa banyak digunakan sebagai pengganti susu sapi," ujar dr Axe, seperti dikutip dari laman Indiatoday.

Air kelapa memang aman dikonsumsi ibu menyusui sehingga busui tidak perlu khawatir mengonsumsinya. Para ahli laktasi umumnya menganggap air kelapa aman untuk ibu yang sehat tanpa kondisi medis yang parah.

Sebaliknya, ibu menyusui dengan kondisi kesehatan antara lain ada riwayat tekanan darah tinggi/rendah, masalah ginjal, dan baru saja dioperasi, disarankan untuk menghindari air kelapa.

Jika ibu menyusui memiliki masalah kesehatan atau sedang menjalani pengobatan, sebaiknya Bunda dapat mengikuti nasihat dokter sebelum mengonsumsi air kelapa.

Bagi Bunda yang sedang menyusui dan ingin mengonsumsi air kelapa, sejauh ini tidak ada jumlah pasti takaran air kelapa yang perlu dikonsumsi dalam sehari. Sehingga, Bunda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dalam mengonsumsinya. 

Biasanya, kebanyakan ibu menyusui dapat dengan aman mengonsumsi satu hingga dua cangkir dalam sehari. Namun, ahli gizi memberikan rekomendasi individual berdasarkan asupan makanan Bunda secara keseluruhan. Jadi, Bunda dapat menyesuaikannya sendiri ya, seperti dikutip dari laman Momjunction.

Simak ulasan berikutnya di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk manfaat air kelapa untuk orang-orang dengan lambung bermasalah. Klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19



(rap/rap)
Manfaat air kelapa untuk kesehatan ibu menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi