sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Mencegah Payudara Kendur, Jaga Postur Tubuh Bun Saat Menyusui

Annisa Karnesyia Selasa, 15 Jun 2021 09:31 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Payudara kendur bisa terjadi saat Bunda menyusui eksklusif si Kecil atau setelah melahirkan. Kondisi ini sebenarnya terjadi akibat dari kehamilan dan perubahan hormon, Bunda.

Mengutip Parents, saat berat badan wanita bertambah selama hamil, payudaranya akan menjadi lebih besar dan berat. Akibatnya, payudara bisa menjadi kendur.

Ketika pertama kali menyusui, payudara bisa menjadi bengkak dan tampak lebih besar. Namun, ukurannya akan menyusut setelah Bunda rutin menyusui buah hati.


Setelah menyapih, umumnya payudara akan kembali ke bentuk seperti sebelum hamil. Namun, hal ini bisa saja tidak terjadi bila dipengaruhi berat badan yang naik atau turun secara signifikan.

Payudara kendur bisa dicegah saat Bunda menyusui. Bila ditangani dengan benar, payudara ini akan kembali ke bentuk semula ketika Bunda mulai menyapih buah hati lho.

Melansir dari Mom Junction, berikut 5 cara mencegah payudara kendur saat menyusui dan setelah melahirkan:

1. Kenakan bra yang sesuai

Bunda dapat mengenakan bra yang tepat dan mendukung payudara agar tak kendur usai menyusui ya. Pilihlah yang elastis dan memiliki tali lebar.

Ingat ya, pastikan cup bra menutupi seluruh jaringan payudara. Garis puting juga harus tetap berada di antara siku dan bahu. Sementara itu, bagian belakang bra harus berada di antara tulang belikat.

"Jangan memilih bra dengan kawat plastik atau logam," kata konsultan laktasi, Rebecca Koyf IBCLC, CLC.

2. Berhenti merokok dan rajin olahraga

Merokok bisa mempercepat proses penuaan pada kulit. Selain itu, merokok bisa menyebabkan payudara dan jaringan kulit kendur atau tidak kencang lagi.

Selain berhenti merokok, Bunda juga perlu memasukkan rutinitas olahraga dalam aktivitas sehari-hari ya. Latihan penguatan dan pengencangan yang tepat bisa mencegah payudara kendur.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS MENCEGAH PAYUDARA KENDUR: MENYAPIH BERTAHAP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi