sign up SIGN UP search


menyusui

Kondisi yang Sebabkan Busui Rentan Terkena Mastitis

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 25 Aug 2021 11:10 WIB
Ilustrasi menyusui caption

Jakarta - Radang kelenjar susu atau dikenal dengan mastitis memang menjadi risiko bagi para ibu menyusui. Kondisi itu membuat Bunda menyusui merasa tidak nyaman dan membuat proses menyusui kerap terhambat.

Jika Bunda baru saja menjadi ibu, mungkin akan merasa kaget ketika mengalami radang kelenjar susu saat pertama kali menyusui. Karena biasanya saat seorang ibu mengalami radang kelenjar susu, muncul sensasi terbakar. Bunda juga akan merasa tubuh menjadi lemas seperti halnya saat terserang flu.

"Biasanya prosesnya akan cukup cepat. Bunda mungkin merasa baik-baik saja tetapi kemudian hari berikutnya merasa seperti baru saja ditabrak bus," jelas Ashley Simpson, DO, seorang ahli bedah payudara, seperti dikutip dari laman Cleveandclinic.


Para ibu menyusui memang sangat rentan terkena radang kelenjar susu ya, Bunda. Hal itu karena terjadi penyumbatan pada saluran pembawa susu yang mengarah dari kelenjar susu, tempat susu diproduksi, menuju puting sehingga menyebabkan penumpukan susu yang menyebabkan infeksi.

Biasanya, kondisi itu terjadi saat payudara tidak sepenuhnya kosong. Mungkin karena mulut bayi tidak menempel dengan benar atau lebih memilih satu payudara daripada yang lain ketika menyusu.

Sri Mulyani dengan CucuSri Mulyani dengan Cucu/ Foto: Mia Kurnia Sari

Selain itu, kondisi radang kelenjar susu juga dapat dialami ibu menyusui karena bakteri. Biasanya, bakteri ini berasal dari mulut bayi yang masuk ke saluran di payudara melalui celah di puting atau areola.

Ini memang kondisi yang kurang umum, tetapi Bunda yang tidak menyusui pun juga bisa mengalaminya. "Siapa pun yang pernah mengalami lecet pada puting yang menciptakan lingkungan terbuka dari luar ke saluran, termasuk tindik puting dapat mengembangkan risiko mastitis dan radang payudara," kata Dr Simpson.

Untuk mengatasinya, klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video 9 cara mencegah mastitis seperti dialami Citra Kirana di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATASI MASTITIS PADA BUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!