sign up SIGN UP search


menyusui

Bawang Putih Bisa Jadi Booster ASI, Fakta atau Mitos Ya Bun?

Annisa Karnesyia Senin, 28 Jun 2021 12:33 WIB
Bawang Putih caption
Jakarta -

Bawang putih secara turun-menurun dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Selain untuk kesehatan jantung, bawang putih ternyata juga dipercaya sebagai ASI booster alami lho. Benar enggak ya?

Dalam banyak penelitian disebut bawang putih memiliki manfaat medis. Bahan penyedap makanan ini telah dikenal dalam pengobatan Yunani hingga China kuno, Bunda.

Menurut dokter obgyn, Meredith Shur, MD, FACOG, bawang putih mengandung vitamin, mineral, dan asam amino. Selama berabad-abad, bawang putih telah digunakan untuk mengobati infeksi, pembengkakan, dan masalah penceraan.


"Bawang putih juga terdiri dari senyawa sulfur yang berkhasiat untuk kesehatan. Saat ini, penggunaannya sudah ada di makanan, suplemen, dan ramuan obat," kata Shur, dilansir Very Well Family.

Bunda enggak perlu khawatir, bawang putih aman dikonsumsi selama menyusui ya. Selama Bunda dan buah hati mampu mengatasi bau menyengatnya, bawang putih bisa dikonsumsi secukupnya.

Bagi Bunda menyusui, bawang putih memang benar bisa menjadi ASI booster. Bumbu dapur bernama Latin Allium sativum ini dipercaya sebagai galactagogue, yakni senyawa yang bisa meningkatkan produksi ASI.

"Bawang putih telah digunakan selama bertahun-tahun untuk pengobatan herbal karena dipercaya bisa merangsang produksi ASI dan meningkatkan suplai ASI," ujar Shur.

Sebuah penelitian menemukan bahwa durasi bayi menyusu menjadi lebih lama ketika ibunya makan bawang putih. Waktu menyusui yang lama dan sering ini otomatis akan meningkatkan pasokan ASI.

Bunda dapat menambahkan 1-2 siung bawang putih ke dalam makanan. Agar lebih mudah, gunakan bawang putih sebagai bumbu masakan untuk hidangan sayur, daging, pasta, dan makanan laut.

"Seperti bahan makanan lainnya, makanlah bawang putih secukupnya," kata Shur.

Tak cuma sebagai ASI booster, bawang putih juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan Bunda menyusui nih. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya ya.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK BUNDA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi