sign up SIGN UP search


menyusui

Inilah ASI Booster Alami yang Jadi Andalan Busui, Apa Saja Ya?

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 13 Aug 2021 15:00 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Lika-liku perjalanan menyusui memang banyak macamnya ya Bunda. Selain hadirnya momen bahagia karena bisa menyusui Si Kecil, ada pula permasalahan yang menghantui para busui.

Salah satu problema yang kerap dialami para busui adalah kesulitan dengan suplai ASI, khususnya penurunan produksi ASI. Berbagai cara pun dicoba termasuk mencari berbagai ASI booster alami yang bisa dijadikan andalan.

ASI booster alami juga ada banyak macamnya ya, Bunda. Dari mulai asupan alami hingga suplemen herbal yang dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI dengan cepat.


"Untuk memastikan menyusui yang sehat, ibu menyusui perlu merawat diri mereka sendiri. Seorang busui membutuhkan tambahan 500 kkal/hari. Disarankan untuk menambahkan asupan suplemen vitamin prenatal setiap hari," ujar Dr Manjari Chandra, Senior Nutrition Advisor di IVH SeniorCare, seperti dikutip dari laman Ndtv.

Banner Kisah Sedih ApriyaniBanner Kisah Sedih Apriyani/ Foto: Haibunda/Mia Kurnia Sari

Berbicara mengenai ASI booster alami, memang makanan dan herbal dapat meningkatkan laktasi pada Bunda yang menyusui. Sebagian besar para busui merasakan efektivitas dari ASI booster alami tersebut baik secara kualitas dan kuantitas pada ASI-nya.

Melansir Motherly, ASI booster alami yang efektif di antaranya yakni asupan yang seimbang dalam keseharian. Perlu Bunda tahu, ketika menyusui, dibutuhkan sekitar 500 kalori ekstra per hari. Jadi, pilihlah makanan bergizi yang memberikan Bunda energi ekstra. 

Misalnya saja oatmeal, yogurt, telur, dan sayuran. Carilah makanan dengan vitamin B dan vitamin C seperti salmon, sayuran hijau, dan stroberi yang dapat membantu meningkatkan suplai ASI secara efektif.

Bunda juga perlu memenuhi kebutuhan cairan dengan baik setiap harinya ya. Jumlah cairan dari setiap individu bervariasi ya, Bunda. Tetapi, Bunda harus memenuhi setidaknya delapan gelas air per harinya. Dengan memastikan Bunda cukup terhidrasi dengan minum setiap hari sudah cukup memenuhi kebutuhan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video cerita ASI booster Whulandary Herman di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



 

ASI BOOSTER YANG BISA JADI ANDALAN BUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!