sign up SIGN UP search


menyusui

Seberapa Pentingkah Kalsium untuk Ibu Menyusui? Ketahui yuk Bunda

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 27 Aug 2021 17:50 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Menyusui merupakan fase penting karena inilah saatnya Bunda bisa memberikan nutrisi terbaik bagi si kecil. Karena itu, berbagai kebutuhan nutrisi pun harus terpenuhi dengan baik oleh ibu menyusui. Salah satu nutrisi yang sangat penting yakni kalsium

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menyusui merupakan proses memberikan bayi nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. WHO merekomendasikan menyusui harus dimulai dalam satu jam pertama kelahiran anak. Sementara itu, ibu perlu mempraktikkan menyusui eksklusif hingga enam bulan.

"Tubuh ibu menyusui sedang dalam proses membuat susu sepanjang hari dan terkadang merasa lapar. Karena itu, para busui harus mengisi tubuh mereka dengan makanan kaya nutrisi untuk memastikan mereka tetap sehat dan bayi juga tumbuh lebih kuat dan sehat," ujar Dhanya Sooraj, Konsultan Nutrisionis National Nutrition Mission-Kerala, seperti dikutip dari laman Ndtv.


The Nutrition Society of India mengatakan seorang ibu menyusui membutuhkan sekitar 500 kalori lebih banyak daripada wanita yang tidak hamil dan tidak menyusui. Jadi, rata-rata, seorang ibu menyusui perlu mengonsumsi sekitar 2.500 hingga 2.700 kalori per hari tergantung pada aktivitas fisiknya.

Dr Charu Dua, Chief Clinical Nutritionist di Max Super Speciality Hospital mengatakan bahwa ibu menyusui diharuskan mengonsumsi zat besi yang dapat melawan anemia serta membantu memulihkan kehilangan darah saat melahirkan. Selain itu, zat besi juga membantu perkembangan otak dan sel darah bayi.

Selain zat besi, kalsium juga sangat penting untuk para ibu menyusui serta bayi yang sedang tumbuh. Dr Dua menambahkan jika ibu menyusui mengonsumsi susu dalam jumlah yang baik, ia akan memberikan kalsium yang cukup untuk bayinya melalui makanannya dimana akan membantu mengembangkan struktur tulang bayi. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak video tentang 4 diet yang dilarang untuk busui:

[Gambas:Video Haibunda]



PENTINGNYA KALSIUM UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!