sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Vitamin B1 untuk Ibu Menyusui, Cegah Penyakit Berbahaya pada Bayi

Annisa Karnesyia Kamis, 05 Aug 2021 15:05 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Konsumsi vitamin B1 ternyata penting untuk Bunda menyusui lho. Vitamin ini bisa mencegah penyakit berbahaya seperti beri-beri atau defisiensi tiamin pada bayi kurang dari 6 bulan, Bunda.

Sebuah studi belum lama ini menemukan manfaat luar biasa kandungan luar biasa vitamin B1 atau tiamin pada Bunda menyusui. Studi ini dilakukan oleh para ahli kesehatan di departemen pediatrik Gelephu Central Regional Referral Hospital (CRRH), di Bhutan.

CRRH merekomendasikan pemberian suplemen tiamin kepada ibu hamil dan menyusui di negara Bhutan. Terutama pada Bunda yang menyusui eksklusif bayinya.


Menurut mereka, bayi yang tidak mendapatkan vitamin B1 dari ASI akan rentan terhadap penyakit beri-beri dan gangguan defisiensi tiamin. Bayi di bawah 6 bulan menjadi rentang ketika asupan tiamin ibunya buruk.

"Anak-anak ini awalnya akan mengidap penyakit pernapasan ringan (batuk, pilek, demam) atau penyakit gastrointestinal (muntah, diare), dan dengan cepat bisa memburuk menjadi gagal jantung, kejang, dan koma dalam beberapa hari ke depannya," kata tim peneliti, dilansir Kuensel.

Meski perawatan untuk sakit ini tersedia, hampir 80 persen anak-anak tidak akan bertahan karena mengalami kegagalan multi-organ tanpa pengobatan tiamin. Anak-anak akan menyerah hanya dalam waktu seminggu bila tidak mendapatkan penanganan yang baik.

"Angka kematian untuk anak-anak dengan beri-beri telah turun sekitar 80 persen menjadi 6 persen setelah departemen pediatrik merawat anak-anak ini dengan tiamin," ujar tim peneliti.

Penggunaan suplemen vitamin B1 mungkin tidak dibutuhkan bila status gizi sudah baik. Suplementasi tidak akan meningkatkan suplai ASI pada wanita yang menyusui, tetapi berguna bayi yang status gizinya rendah.

Lalu berapa dosis vitamin B yang bisa dikonsumsi Bunda selama menyusui? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 5 pilihan ASI booster terbaik selama menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

DOSIS VITAMIN B1 UNTUK BUNDA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!