sign up SIGN UP search


menyusui

Ternyata Bunda Membutuhkan Lebih Banyak Vitamin D untuk Menyusui Lho

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 15 Aug 2021 17:35 WIB
Ibu menyusui minum obat caption

Jakarta - Kebutuhan vitamin selama menyusui penting untuk dipenuhi ya, Bunda. Selain menjaga Bunda tetap sehat dan fit, kebutuhan nutrisi Si Kecil pun akan terpenuhi.

Salah satu nutrisi yang perlu Bunda prioritaskan yakni kebutuhan vitamin D untuk ibu menyusui. Menurut Meghan McMillin, MS, RDN, CSP, LDN, IBCLC, seorang ahli diet dan konsultan laktasi, fungsi dari vitamin D sangatlah penting karena kekurangan asupan tersebut dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan.

Apalagi, menyusui banyak menyedot energi dari tubuh Bunda. Tak mengherankan bila menyusui secara eksklusif banyak dikaitkan dengan defisiensi vitamin, terutama vitamin D.


Ya, kondisi ini memang serius untuk diperhatikan, Bun. Sebab, berkaitan dengan kesehatan Bunda ke depannya. Dalam usaha mencegah dan mengobati kekurangan zat besi, dokter tidak akan menyarankan Bunda untuk berhenti menyusui.

"Masalah kesehatan yang berkaitan dengan vitamin D tidak hanya memengaruhi orang dewasa, tetapi juga bayi dan anak-anak," ujarnya, seperti dikutip dari laman Rdlounge.

Banyak kesalahpahaman yang beredar bahwa kandungan vitamin D tidak mengalir melalui ASI. Padahal, kenyataannya jumlah nutrisi yang melewati ASI tergantung pada asupan dan penyimpanan tubuh ibu.

Idealnya, saat ini ialah semua bayi yang diberi ASI diberikan suplemen vitamin D 400 IU setiap hari. Namun, sebuah penelitian di 2015 menunjukkan bahwa memberikan suplemen bayi vitamin D tidak mengisi kesenjangan nutrisi dan penelitian sebelumnya menunjukkan tingkat kepatuhan kurang dari 20 persen.

Dalam penelitian tersebut, para ibu menyatakan bahwa memberikan suplemen pada bayi mereka yang disusui tidak praktis dan banyak yang mengaku sering lupa memberikannya.

Pada akhirnya yang disimpulkan dari penelitian tersebut ialah bahwa melengkapi ibu menyusui dengan vitamin D setiap harinya sudah cukup untuk memasok jumlah yang cukup dalam ASI-nya dan dapat menjadi strategi alternatif untuk melengkapi kebutuhan bayi.

Intinya, vitamin D ada dalam ASI, tetapi karena kurangnya kandungan dalam tubuh ibu, jumlah yang diberikan kepada bayi tidaklah mencukupi. Untuk itu, para busui harus lebih memprioritaskan kebutuhan ini sehingga kebutuhan harian vitamin D dapat terpenuhi maksimal.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga cara Alice Norin menjemur bayinya agar mencukupi kebutuhan vitamin D.

[Gambas:Video Haibunda]



PENTINGKAH VITAMIN D UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!