sign up SIGN UP search


menyusui

Busui Boleh Minum Asam Mefenafat untuk Redakan Nyeri, Asalkan..

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 24 Aug 2021 11:50 WIB
Ibu menyusui minum obat caption

Jakarta - Minum obat saat menyusui memang tidak bisa sembarangan ya, Bunda. Pasalnya, ada bayi yang masih mengonsumsi ASI dari Bunda sehingga dikhawatirkan terkena efek sampingnya.

Menurut Dr Catherine Spong, MD, Kepala Divisi Pengobatan Ibu dan Janin di University of Texas Southwestern Medical Center bahwa hanya sedikit bukti kuat tentang berapa banyak dari obat-obatan dapat memengaruhi ASI dan bayi menyusu. Wanita hamil dan menyusui pun dikecualikan dari sebagian besar studi obat klinis karena ketakutan akan kemungkinan bahaya.

"Hasilnya ada beberapa wanita tidak menyusui sepenuhnya saat minum obat atau memutuskan untuk tidak meminum obat yang dibutuhkan sama sekali," kata Dr Christina Chambers, Ph.D, seorang profesor pediatri di University of California, seperti dikutip dari laman Nytimes.


Ketika mempelajari obat-obatan, para peneliti menganggap tubuh manusia memiliki kompartemen yang berbeda yakni kompartemen otak, kompartemen hati, dan sebagainya. 

Alam benar-benar menemukan cara untuk membuat kompartemen ASI aman - agak terisolasi dari bagian tubuh lainnya dengan tujuan utama melindungi bayi, kata Dr Thomas Hale, Ph.D, seorang profesor pediatri di Texas Tech University Health Sciences Center.

Sementara itu, para ahli telah mengevaluasi kurang dari 400 dari ribuan obat yang tersedia di pasaran untuk keamanan penggunaan selama menyusui. Para ahli cukup tahu tentang bagaimana tubuh manusia memprosesnya untuk mendalilkan berapa banyak yang bisa masuk ke dalam ASI dan berpotensi memengaruhi bayi. 

Untuk sebagian besar obat, menurut penelitian yang ada, kurang dari 3 persen dosis obat ibu dapat masuk ke dalam ASI. Kemungkinan sebagian besar obat baik-baik saja untuk digunakan dalam menyusui jika dosisnya sedang, kata Dr Hale.

Salah satu obat yang harus diperhatikan penggunaannya oleh busui adalah asam mefenamat atau mefenamic acid.  Asam mefenamat adalah obat yang berfungsi meredakan nyeri, seperti sakit gigi, sakit kepala, dan nyeri haid. Obat ini termasuk dalam golongan anti infalamasi non steroid sebagai anti nyeri pada tingkat ringan hingga sedang. 

Nah bagaimana bila busui ingin meminum obat ini untuk meredakan nyeri ringan? Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 5 obat flu alami untuk ibu menyusui di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



AMANKAH BUSUI MINUM ASAM MEFENAMAT?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!