sign up SIGN UP search


menyusui

Pijat Oksitosin Mampu Redakan Penat dan Stres pada Busui, Coba Yuk

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 29 Aug 2021 12:38 WIB
Young Asian woman  in spa salon getting massage. caption

Jakarta - Tak dipungkiri, menyusui adalah aktivitas yang memakan energi dan tak jarang membuat Bunda stres. Maka itu, ada baiknya busui melakukan upaya untuk meredakan kelelahan dan ketegangan dengan relaksasi, salah satu pilihannya dengan pijat oksitosin.

Adapun oksitosin merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari di otak. Hormon ini berperan penting dalam proses menyusui karena dapat meningkatkan relaksasi, menurunkan stres, dan kecemasan, menurunkan tekanan darah, dan menyebabkan kontraksi otot. Di luar itu, oksitosin juga merupakan hormon yang berkaitkan dalam relasi sosial, bonding, dan hormon cinta.

Selama persalinan, oksitosin menyebabkan rahim berkontraksi dan mendorong bayi keluar dan memainkan peran penting dalam menyusui. Hormon ini juga dikenal sebagai hormon ibu, hormon bonding, hormon antistres, dan hormon cinta, seperti dikutip dari laman Very Well Family.


Menyusui merangsang pelepasan oksitosin dari otak yang memungkinkan bayi mendapatkan ASI dari payudara. Dan itu dapat menyebabkan rahim menyusut setelah persalinan. 

Meskipun menyusui mungkin menjadi tantangan bagi sebagian Bunda, oksitosin memicu refleks let-down dan dapat menumbuhkan bonding antara Bunda dan buah hati dan keduanya dapat membantu mempermudah menyusui.

Perkembangan Janin Usia 2 BulanPerkembangan Janin Usia 2 Bulan/ Foto: Mia Kurnia Sari

Ketika menyusui, Bunda melepaskan hormon oksitosin yang dapat menenangkan kecemasan dan membuat Bunda merasakan adanya hubungan emosional yang unik dengan Si Kecil. "Ibu baru biasanya kurang tidur dan dapat dimengerti ketika merasakan stres," ujar Michael Goodstrein, MD, seorang ahli neonatologi, seperti dikutip dari laman Nichq.

Untuk itu, Bunda sebaiknya berusaha meredakan stres itu dengan berbagai upaya, bisa dengan tidur, berjalan-jalan di luar saat bayi tidur di gendongan atau kereta dorong, berolahraga di rumah, atau membaca buku saat bayi tidur siang. 

Aktivitas itu dapat memberikan Bunda istirahat mental dan fisik yang sama berharganya dengan tidur beberapa jam. Serta tentunya dapat membuat Bunda lebih rileks sehingga proses menyusui dapat berjalan lancar.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video 7 manfaat skin to skin dengan Si Kecil untuk ibu menyusui di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MENGAPA PIJAT OKSITOSIN PENTING UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!