sign up SIGN UP search


menyusui

Ketahui 9 Tanda Bayi ASI Lapar, Cek di Sini Yuk Bun

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 03 Sep 2021 08:25 WIB
Ilustrasi menyusui caption

Biarpun belum bisa berbicara, bayi juga memiliki seni komunikasi dalam mengungkapkan perasaannya lho, Bunda. Termasuk tanda saat mereka kelaparan. 

Ya, sebelum Si Kecil dapat berbicara, biasanya mereka akan menunjukkan tanda-tanda lapar atau kenyang menggunakan suara dan gerakan. Hal ini pun berlaku untuk para bayi ASI yang seringkali membuat galau para bunda menyusui karena tidak mengetahui apakah ASI yang diisap buah hati sudah memenuhi perutnya secara maksimal atau belum.

Nah, berbicara mengenai tanda bayi ASI lapar, Bunda dapat memahaminya melalui ekspresi atau gerakan yang mereka perlihatkan. Sehingga, Bunda dapat mengetahui kapan dan seberapa sering Bunda perlu menyusui mereka.


"Bayi yang sehat akan memberi tahu Bunda saat dia lapar," ujar Rob Everett, Kepala Medis Bagian Pediatri dan Perawatan Ibu serta Bayi di BC Women Hospital and Health Centre di Vancouver, seperti dikutip dari laman Todaysparent.

Terlepas apakah Si Kecil disusui atau diberi ASI melalui botol, Bunda sebagai orang tua seharusnya mengikuti kebiasaannya. Sehingga, Bunda memahami bahasa tubuhnya.

"Tujuannya adalah mencoba dan menangkap tanda-tanda bahwa bayi ingin menyusu sebelum dia lapar dan mulai menangis. Sebab, dengan begitu sebenarnya jauh lebih sulit untuk membuatnya menyusu," tambahnya.

Pada dasarnya, bayi akan menunjukkan rasa lapar dalam tiga keadaan terjaga yang berbeda, Bunda. Pertama, keadaan transisi yakni tindakan sederhana untuk bangun. Kemudian ada juga sikon peringatan yakni 'waspada tenang' di mana menjadi tanda-tanda awal lapar. Kemudian diikuti dengan keadaan waspada aktif ketika mereka mulai berteriak dalam bentuk menangis.

Dalam keadaan 'waspada tenang', bayi biasanya menjadi lebih aktif secara fisik. Bunda menyusui mungkin akan memperhatikan bahwa bayi Bunda akan membuka mulutnya dan mulai memutar kepalanya ke satu sisi saat mereka mulai ingin menyusu dan menggerakkan dagu, mulut, dan hidungnya (seolah-olah mereka mencari puting atau botol). 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



TANDA BAYI ASI LAPAR BERDASARKAN USIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!