sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Yuk Kenali 9 Tanda Bayi Lapar dan Ingin Menyusu

Asri Ediyati Senin, 25 May 2020 09:10 WIB
Beautiful woman holding a newborn baby in her arms caption
Jakarta -

Kalau orang dewasa, ketika mulai lapar kita langsung cari makanan. Namun, ketika laparnya enggak ketulungan, kita pasti agak 'ngegas' dan sensitif kan, Bunda? Sama halnya dengan bayi.

Bayi ternyata tak langsung menangis ketika mulai lapar. Ada beberapa tanda yang bisa kita kenali dari perilakunya.

"Bayi yang sehat akan memberi tahu Anda ketika dia lapar," kata dokter anak Rob Everett, kepala medis untuk perawatan anak dan ibu dan bayi di Rumah Sakit dan Pusat Kesehatan BC Women di Vancouver, Kanada.


Menurut Everett, orang tua harus mengikuti petunjuk bayi baru lahir. "Tujuannya adalah untuk mencoba dan menangkap tanda-tanda bahwa bayi itu ingin menyusu sebelum dia lapar dan mulai menangis, karena dengan begitu sebenarnya jauh lebih sulit untuk memberinya makan," ucapnya dikutip dari Today's Parent.

Bayi benar-benar menunjukkan rasa lapar di tiga fase berbeda (tetapi mereka tidak harus terjadi dalam urutan kronologis atau berurutan). Ada fase transisi, yaitu bayi terbangun. Lalu ada fase 'peringatan diam', ketika mereka memberikan tanda-tanda kelaparan awal, diikuti oleh status 'peringatan aktif', ketika mereka menangis.

Jadi jangan menunggu sampai bayi menangis ya, Bunda? Berikut ini 9 tanda bayi lapar dan ingin menyusu, dilansir What to Expect:

1. Bayi mencium payudara Bunda.
2. Bayi mengisap tangan, baju, atau lengan Bunda.
3. Bayi membuka mulutnya.
4. Refleks rooting, bayi membuka mulutnya dan memutar kepalanya ke samping dengan mulut terbuka untuk menemukan sumber makanan, seringkali setelah pipinya dibelai.
5. Bayi mengisap bibir atau lidahnya, yang terlihat seperti dia menjulurkan lidah.
6. Bayi membuat suara dari bibir.
7. Jika bayi menangis, biasanya tangisannya pendek dan suaranya rendah, naik dan turun.

Simak juga cara membersihkan lidah putih pada bayi:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi