sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Ini Cara Mudah Kenali Bayi yang Kenyang ASI

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 22 Aug 2021 09:19 WIB
happy family mother playing and hug with newborn baby  in bed Ilustrasi menyusui/Foto: Getty Images/iStockphoto/evgenyatamanenko

Jakarta - Setiap kali menyusui, kebanyakan Bunda biasanya hanya menggunakan feeling saat merasa bayinya merasa kenyang. Karena tidak ada penanda khusus, para Bunda pun seringnya tidak mengetahui apakah Si Kecil masih lapar atau sudah kenyang ASI.

Hal itu wajar saja terjadi ya, Bunda. Berbeda dengan botol susu yang ada penanda ukuran mililiternya, ketika diisap Si Kecil, payudara Bunda tentu tidak dapat menunjukkan berapa volume susu yang telah keluar. Maka itu, sulit menandai apakah Si Kecil sudah benar-benar kenyang menyusu atau belum.

Ini memang proses yang sulit ya Bunda, terutama untuk ibu yang baru menyusui. Padahal Bunda bisa kok mengetahui kapan bayi kenyang atau belum dengan sedikit kepercayaan diri dan keterampilan dalam mengenali tanda-tanda yang muncul.


Perlu Bunda sadari juga bahwa menyusui bukanlah ilmu pasti. Selain manfaat yang sangat jelas, ada variasi yang sangat besar dalam jumlah waktu, jarak, dan jumlah makanan yang dibutuhkan setiap bayi. Bunda hanya perlu proses untuk mengenali setiap poin tersebut sesuai dengan kebutuhan buah hati masing-masing.

Secara umum, tanda bayi kenyang minum ASI yakni mereka memiliki setidaknya enam sampai delapan popok basah yang sangat berat setiap hari. Dan, urine mereka tidak pucat dan tidak pekat atau berbau, seperti dikutip dari laman Pcbexpo.

Selain itu, mereka juga mengalami kenaikan berat badan yang stabil ketika dirata-ratakan selama periode empat minggu. Karena itu, bayi yang disusui cenderung menambah banyak berat badan dalam beberapa bulan pertama dan kemudian berat badan mereka akan stabil.

Melansir Parents, tanda bayi kenyang minum ASI yaitu ia menelan dengan baik. Saat bayi pertama kali menempel ke payudara, bayi akan mengisap dengan cepat sehingga membantu mengeluarkan ASI.

Kemudian, bayi akan sedikit maju dan ada gerakan menarik yang dalam dan lambat saat bayi menelan. Bunda mungkin akan merasakan gerakan ini dan melihat rahangnya turun ke bawah dan mendengarnya saat mereka melakukannya. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 7 manfaat menyusui lebih dari 2 tahun di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



TANDA BAYI KENYANG ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!