sign up SIGN UP search


menyusui

6 Manajemen Memerah ASI untuk Busui yang Kembali WFO, Gaspol Bun

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 31 Aug 2021 14:38 WIB
A close up shot of a breast pump caption

Jakarta - Setelah terbiasa dengan ritme WFH, kebijakan WFO atau kembali kerja di kantor kembali diterapkan. Bunda menyusui pun harus siap menghadapi perubahan kebiasaan kerja ini. Salah satu yang harus dipersiapkan adalah manajemen ASI perah.

Bunda menyusui harus menyiapkan strategi baru agar stok ASI di rumah enggak keteteran. Disadari atau enggak, manajemen waktu memerah ASI bagi Bunda yang kembali WFO memang sangat penting dipelajari ya, Bunda. Apalagi, situasi WFH sudah terlalu membuat Bunda nyaman karena tidak ada lagi kebiasaan diburu-buru waktu untuk memerah ASI.

Nah, permasalahannya begitu masuk kerja lagi, Bunda mau tak mau harus siap lagi dengan ritme memerah ASI di tempat kerja. Perlengkapan 'tempur' untuk kejar tayang dengan stok ASI pun perlu dipikirkan matang ya, Bunda. Termasuk diantaranya mengatur waktu dan cara memerah ASI dengan efektif.


Menurut Dana C, seorang konsultan laktasi bahwa kembali memompa ASi di tempat kerja setelah berlama-lama di rumah sebaiknya Bunda menyusui jangan merasa stres berlebihan. 

"Mulailah memiliki simpanan ASI perah di freezer," ujar Dana, seperti dikutip dari laman Tinyhood.

Banner resep Rp200 ribuResep Rp200 ribu/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Ya, Dana menambahkan, ketimbang stres berlebihan, ada baiknya Bunda secara rutin melakukan sesi pompa ekstra ke dalam rutinitas harian. Sehingga, Bunda dapat mengatur suplai ASI secara nyaman. Mengingat produksi ASI paling tinggi di pagi hari, Bunda dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk memompa ASi di pagi hari sebelum berangkat kerja.

Pada dasarnya, Bunda akan menyusui bayi secara normal yakni menawarkan kedua payudara dan ketika selesai, Bunda akan memompa kedua sisi secara bersamaan setelahnya.

Jangan khawatir berlebihan mengenai apakah Bunda memiliki kecukupan ASI pada sesi menyusui berikutnya. Karena, tubuh Bunda akan siap lebih cepat memproduksi ASI untuk buah hati. 

Melansir dari Medium, berikut ini beberapa trik manajemen waktu memerah ASI bagi Bunda yang kembali WFO yang bisa dilakukan ya, Bunda:

1. Jangan berhemat pada pompa ASI

Jika Bunda harus berjauhan dari bayi selama lebih dari beberapa jam setiap harinya, Bunda tentu harus memompa ASI lebih sering untuk menjaga persediaan ASI tetap banyak. Inilah saatnya Bunda berinvestasi pada pompa ASI elektrik double pump yang berkualitas tinggi dimana dirancang untuk pemompaan yang sering dan lebih simpel dibawa kemana saja.

Tentu saja, Bunda mungkin akan membayar lebih mahal untuk alat tersebut, tetapi kemudahan dan kenyamanan yang Bunda rasakan saat memakainya akan sebanding dengan kocek yang dikeluarkan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk informasi lebih lengkap!

Simak juga yuk informasi mengenai ASI perah dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



HINDARI MEMANDANGI BOTOL WADAH ASI PERAH, BUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!