sign up SIGN UP search


menyusui

Trik Jitu Lakukan Power Pumping agar ASI Melimpah, Mudah kok Bun!

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 10 Aug 2021 14:05 WIB
Ilustrasi pompa asi caption

Jakarta - Sebagian besar Bunda pastinya pernah mengalami problematika saat menyusui si Kecil. Malah, tak sedikit busui yang terkendala dengan produksi ASI dan juga beragam permasalahan dalam mendapatkan ASI perah.

Sebenarnya, semua permasalahan klasik tersebut dapat diatasi dengan mudah kok, Bunda. Kuncinya, menjalankan manajemen power pumping dengan baik. Apa sih manajemen power pumping itu, Bunda?

Melansir Todaysparent, power pumping merupakan tindakan memompa ASI untuk waktu yang lama. Biasanya dilakukan dalam satu jam dengan jeda waktu. Karena ASI bekerja berdasarkan prinsip supply & demand, semakin banyak bayi meminta untuk menyusu dan mengosongkan payudara, semakin banyak pula ASI yang diproduksi.


Dengan memompa tenaga, artinya tubuh akan mengetahui untuk lebih banyak memproduksi ASI. Meskipun hasilnya tentu bervariasi untuk setiap orang, seperti halnya jumlah waktu yang dibutuhkan untuk  mencapainya, power pumping hampir sebagian besar dapat meningkatkan suplai ASI Bunda sampai batas tertentu.

Tanaman hias Janda BolongTanaman hias Janda Bolong/ Foto: Mia Kurnia Sari

Fiorna Jardine, yang melakukan penelitian berfokus pada pengalaman busui yang memompa secara eksklusif, menemukan bahwa busui yang mencoba power pumping terbilang memiliki hasil yang efektif.

"Ini adalah cara tanpa risiko untuk mencoba meningkatkan suplai ASI dengan tingkat keberhasilan yang relatif tinggi," ujar Dr Jardine, konsultan laktasi.

Untuk mengaktifkan power pumping tidaklah rumit kok Bunda. Pola yang biasanya disarankan ialah memompa 20 menit, istirahat 10 menit, memompa 10 menit, istirahat 10 menit, memompa 10 menit lagi, dengan total semuanya hingga 1 jam.

Ada baiknya, Bunda melakukan trik ini secara rutin sehingga manajemen power pumping dapat berjalan maksimal. Hasilnya, produksi ASI Bunda pun melimpah dan tak mengalami kendala dalam keseharian menyusui.

Simak ulasan di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang cara alami memerah ASI dengan tangan di bawah ini ya Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



TRIK MANAJEMEN POWER PUMPING AGAR ASI BANJIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!