sign up SIGN UP search


menyusui

5 Penyebab Mastitis & Tips Menyusui saat Bunda Terinfeksi, Tak Perlu Menyapih

Dewi Ratna Selasa, 07 Sep 2021 12:30 WIB
AMAN MENYUSUI SAAT MENDERITA MASTITIS
Ilustrasi ibu menyusui caption

Penanganan mastitis

Untuk menangani mastitis, ada dua hal yang disarankan sebagai proses perawatan awal, seperti berikut:

1. Antibiotik

Jika mengalami infeksi karena mastitis, biasanya diperlukan antibiotik yang dikonsumsi selama 10 hari. Seperti pada umumnya, meminum antibiotik harus benar-benar menghabiskan sesuai jumlah yang diresepkan, tanpa tersisa, untuk meminimalkan kemungkinan kambuh.

2. Obat pereda nyeri

Jika mastitis tidak juga reda setelah meminum antibiotik, maka bunda perlu konsultasikan ke dokter. Mungkin dokter akan meresepkan pereda nyeri yang dijual bebas seperti acetaminophen atau ibuprofen. Atau bisa jadi juga Bunda disarankan untuk pergi ke konsultan laktasi.


Aman menyusui saat mastitis

Aman untuk melanjutkan menyusui jika Bunda menderita mastitis. Menyusui justru bisa membantu membersihkan infeksi. Jika Bunda menyapih bayi secara tiba-tiba, hal ini justru bisa memperburuk gejala mastitis yang ada.

Dokter mungkin akan menyarankan Bunda untuk konsultasi ke ahli laktasi jika memang dibutuhkan. Biasanya akan ada beberapa saran untuk menyesuaikan teknik menyusui, seperti berikut ini:

  1. Menghindari kemungkinan pengisian payudara yang berlebihan sebelum menyusui.
    Memastikan mulut bayi menempel dengan benar saat menyusu, yang bisa jadi akan sulit jika payudara membesar. Memompa sedikit susu dengan tangan sesaat sebelum menyusui juga bisa membantu.
  2. Memijat payudara saat menyusui atau sedang memompa ASI, dari daerah yang terkena mastitis ke arah puting.
  3. Pastikan payudara terkuras habis selama menyusui atau memompa. Jika Bunda kesulitan mengosongkannya, coba untuk mengompresnya dengan handuk lembab yang hangat atau panas sebelum menyusui atau memompa.
  4. Menyusui dari sisi yang sakit terlebih dahulu, saat Si Kecil masih lapar dan akan mengisap lebih kuat.
  5. Variasikan posisi menyusui.

Nah, setelah mengetahui fakta tentang mastitis, apa saja penyebab mastitis, hingga cara penanganan mastitis, kini Bunda bisa lebih tenang dan siap menghadapi masa-masa menyusui yang tentunya seru.

(som/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!