sign up SIGN UP search


menyusui

3 Faktor Risiko Terjadinya Mastitis Berulang yang Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Selasa, 10 Aug 2021 09:04 WIB
Mother breastfeeding a new born baby boy in a hospital room caption
Jakarta -

Mastitis menjadi salah satu musuh terbesar Bunda menyusui. Mastitis bisa bikin kekebalan tubuh menurun hingga membuat Bunda sulit menyusui Si Kecil.

Mastitis disebabkan dua hal, yakni infeksi atau saluran ASI tersumbat. Infeksi terjadi ketika bakteri dari mulut bayi masuk ke payudara Bunda dan memengaruhi jaringan lemak di sekitarnya. Akibat infeksi, payudara bisa bengkak, benjol, dan terasa nyeri.

"Untuk ibu menyusui, saluran ASI tersumbat dapat menyebabkan mastitis. Akibatnya, puting pecah-pecah dan meningkatkan risiko infeksi payudara," kata psikolog dan perawat, Debra Rose Wilson, Ph.D., dilansir Healthline.


Gejala mastitis bisa berkembang tanpa peringatan. Untuk itu, Bunda perlu memerhatikan kondisi tubuh bila terasa tidak enak badan. Biasanya gejala mastitis adalah demam dan sering merasa lelah.

Mastitis yang pernah dialami seorang Bunda bisa terjadi kembali untuk kedua kalinya. Kondisi ini perlu diwaspadai agar tidak menjadi kendala menyusui dan agar segera mendapatkan penanganan.

"Sebagian besar ibu tidak mengalami mastitis berulang atau saluran tersumbat, tetapi bila ada riwayat, ada baiknya untuk melihat faktor risiko tambahan," kata konsultan laktasi Kelly Bonyata, BS, IBCLC.

Nah, berikut 3 faktor risiko dan penyebab mastitis berulang selama menyusui buah hati seperti melansir Kelly Mom:

1. Pengosongan payudara buruk

Masalah pelekatan menyusui bisa memengaruhi pengosongan payudara dan bikin ASI tersumbat. Setiap kali aliran ASI tersumbat, Bunda bisa mengalami mastitis.

Saluran ASI tersumbat bisa disebabkan banyak hal, seperti posisi menyusui salah atau menggunakan bra yang ketat. Bunda perlu memikirkan banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan pengosongan payudara buruk sehingga menyebabkan saluran ASI tersumbat.

Terkadang, Bunda yang sering memompa payudara juga lebih rentan mengalami sumbatan ASI karena tidak bisa mengalirkan ASI seefektif saat menyusui langsung bayinya.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips pola makan sehat untuk ibu menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



FAKTOR RISIKO MASTITIS BERULANG: MASALAH DI PUTING BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!