sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Memperbanyak ASI Tanpa Ribet & Anticemas, Siap Mencoba?

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 10 Sep 2021 11:01 WIB
Ilustrasi ibu menyusui caption

Jakarta - Sebagian Bunda mungkin lebih mudah mendapatkan banyak ASI. Tetapi, banyak pula lho, Bunda menyusui yang harus melakukan ekstra cara memperbanyak ASI demi si buah hati.

Bicara soal menyusui, keputusan ini memang harus dibarengi dengan komitmen yang kuat ya, Bunda. Karena, tanpa dilandasi modal tersebut, perjuangan kerap goyah di tengah jalan. 

Termasuk misalnya ketika pasokan ASI menurun karena berbagai hal. Biasanya, di titik ini banyak Bunda yang merasa down dan merasa stres karena tak bisa memenuhi kebutuhan bayi dengan maksimal.


Hal ini sebenarnya wajar terjadi pada hampir semua Bunda yang menyusui kok, Bunda. Sehingga, Bunda tidak perlu merasa stres berlebihan karena merasa bersalah dengan kondisi tersebut.

"Ada banyak pasien yang datang setelah melahirkan dan mereka mengkhawatirkan suplai ASI mereka," ujar Dr Vonne Jones, MD, FACOC, seorang obgyn di Houston, seperti dikutip dari laman Romper.

Dr Jones menambahkan, para Bunda yang menyusui tersebut menyadari bahwa mereka tidak memiliki persediaan ASI yang cukup untuk mendukung bayi mereka yang sedang bertumbuh. Sehingga, kecemasan pun tak ayal menghampiri.

Melansir Premamawellness, masa-masa awal menyusui memang cukup mendatangkan stres dan kekhawatiran kok, Bunda. Hal ini biasanya karena produksi ASI yang dikhawatirkan tidak mencukupi kebutuhan Si Kecil.

Padahal, setelah perjalanan menyusui berjalan, semakin banyak bayi menyusu maka pasokan ASI pun selalu memproduksi sesuai kebutuhan yang diperlukan.

Walaupun memang, ada beberapa faktor yang biasanya juga memicu ASI jadi tersendat. Sehingga, cara memperbanyak ASI dengan beragam trik banyak dilakukan para pejuang menyusui.

Nah, kira-kira apa saja sih, Bunda, yang perlu dilakukan dalam memperbanyak ASI? Simak paparan berikut ini yuk, Bunda, mengenai cara memperbanyak ASI dengan mudah dan anticemas:

  • Pompa listrik

Cara yang efektif untuk meningkatkan suplai ASI dengan cepat ialah dengan menggunakan bantuan pompa ASI. Pada dasarnya, selama 2-3 hari berturut-turut, Bunda dapat memompa ASI setelah sesi menyusui selesai yakni sekira 10-2- menit. 

Hal ini untuk mengosongkan payudara dan memberi sinyal ke tubuh untuk membuat lebih banyak susu. Bunda pun dapat melakukannya secara rutin dan lebih sering untuk memberikan sinyal bahwa produksi ASI terus berjalan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga tips memerah ASI bagi Bunda pekerja dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



PIJAT PAYUDARA HINGGA ISTIRAHAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!