sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami, Nomor 4 Biasanya Paling Sulit Dilakukan

Tim HaiBunda Senin, 05 Jul 2021 19:30 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa ASI merupakan nutrisi terbaik untuk bayi. Oleh sebab itu semua Bunda berusaha untuk memberikan ASI yang cukup bagi bayi mereka.

Hanya saja terkadang tidak semua Bunda memiliki jumlah ASI yang memadai. Karena itu sebaiknya pelajari cara memperbanyak ASI agar Bunda bisa terus menghasilkan nutrisi dalam jumlah yang cukup untuk Si Kecil.

1. Melakukan Pijat Payudara

Pijat payudara merupakan salah satu cara memperbanyak ASI secara alami. Pijatan ini dimulai dengan gerakan memutar dari pangkal payudara menuju puting yang terbukti mampu memperbanyak produksi ASI serta melancarkannya.


Banner Reaksi Anak UASFoto: Mia Kurnia Sari

Gunakan bantuan ibu jari dan jari telunjuk untuk memijat payudara dengan benar. Jika masih bingung, cobalah konsultasi dengan pakar laktasi ya, Bun.

2. Terus Memompa Payudara

Payudara yang terus terpompa akan distimulasi untuk terus menghasilkan ASI. Makin sering terpompa, maka jumlah ASI akan semakin bertambah.

Metode ini akan sangat berguna bagi Bunda pekerja yang tidak memiliki banyak waktu di rumah. Bunda pekerja disarankan untuk memompa ASI demi stok persediaan selama Si Kecil dipercayakan kepada orang lain.

Jangan lupa juga catat cara dan waktu penyimpanan ASI perah-nya ya, Bun. Dengan begitu, ASI yang sudah dipompa tidak akan sia-sia karena basi atau pun salah cara penyimpanan.

3. Minum Air Mineral dan Suplemen

Untuk memperbanyak produksi ASI, Bunda juga harus mencukupi kebutuhan air minum. Usahakan untuk minum minimal dua liter air per hari agar produksi ASI menjadi lancar.

Bunda juga sebaiknya meminum suplemen untuk memperbanyak produksi ASI. Saat ini banyak suplemen untuk melancarkan ASI yang dijual bebas di pasaran. Namun, perhatikan kandungan suplemen ini ya, Bun.

Jika Bunda tidak ingin meminum suplemen, maka bisa mencoba membuat ramuan untuk memperlancar ASI secara alami. Yaitu jus yang dibuat dari satu buah pare ukuran sedang dicampur dengan satu laring melon dan 2 sendok makan madu. Jus ini dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI.

Selain itu Bunda sebaiknya juga makan makanan yang mampu memperbanyak produksi ASI. Sertakan sayuran hijau seperti bayam, daun katuk serta jantung pisang dalam menu makan harian. Sayur-sayuran hijau ini menjadi salah satu bahan alami terbaik untuk meningkatkan produksi ASI.

4. Hindari Stres dan Kurang Tidur

Kurang istirahat dan stres juga memicu menurunnya produksi ASI pada Bunda. Oleh sebab itu Bunda harus bisa mengontrol emosi serta cukup istirahat agar produksi ASI tidak menurun.

Ya, Bun kami mengerti jika dalam fase awal menyusui di mana Si Kecil sering bangun tengah malam, metode ini akan sulit dilakukan. Belum lagi ucapan orang sekitar yang membuat Bunda stres.

Namun, demi ASI yang lebih lancar, usahakan redam stres ini dari bantuan orang-orang kepercayaan Bunda. Bisa dimulai dari meminta bantuan Ayah untuk menjaga Si Kecil. Cobalah mengatur jadwal bangun malam agar Bunda tidak kelelahan sehingga produksi ASI tidak terhambat.

Itulah tadi beberapa cara memperbanyak ASI yang bisa Bunda coba. Semoga ASI terus lancar sehingga Bunda bisa memberikan ASI eksklusif selama enam bulan dan terus melanjutkannya hingga usia dua tahun. Semangat ya, Busui! (PK)

Simak juga cerita Bunda Whulandary Herman yang makan apapun sebagai ASI booster, termasuk cabai pedas!

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!