sign up SIGN UP search


menyusui

4 Peran Ayah dalam Menjaga Menjaga Mood Bunda Agar ASI Lancar & Deras

Tim HaiBunda Minggu, 05 Sep 2021 15:23 WIB
Ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Tidak semua Bunda dapat memberikan banyak ASI kepada anak setelah melahirkan karena beberapa alasan. Jangan dipandang remeh ya, Bun karena bisa membuat Bunda merasa sedih dan stres.

Bunda bisa melakukan beberapa cara untuk memperbanyak ASI dengan dukungan Ayah. Tujuannya, selain bonding dengan pasangan, juga agar Bunda tidak stres.

Dukungan Ayah untuk Bunda Menyusui

Ayah bisa memberikan dukungan sederhana namun sangat berarti sebagai cara memperbanyak ASI, di antaranya:


Sri Mulyani dengan CucuFoto: Mia Kurnia Sari

1. Berikan ucapan mendukung

Memberikan ucapan yang positif dan mendukung akan membuat Bunda menjadi lebih tenang selama menyusui. Bunda jadi tidak akan mudah stres dan kemungkinan ASI lancar akan lebih besar.

Jadi daripada mengucapkan,"ASI-nya kok masih susah keluar, sih?", lebih baik mengucapkan, "Tenang saja, besok pasti ASI-nya lancar kok, Bun."

2. Memastikan nutrisi Bunda tercukupi

Nutrisi dari makanan yang yang dikonsumsi akan didapatkan juga oleh bayi. Makanan dengan gizi lengkap akan memperlancar produksi ASI dan baik untuk pertumbuhan bayi.

Ayah bisa menyiapkan makanan sehat untuk memperbanyak ASI secara alami. Jangan lupa juga sisipkan makanan kesukaan Bunda biar tambah sayang.

3. Membantu dan mendampingi

Ayah bisa membantu mengurus bayi seperti menggendong, mengganti popok, hingga ikut begadang di malam hari. Selain itu Ayah bisa membantu melakukan beberapa pekerjaan rumah. Dengan demikian Bunda akan merasa terbantu dan tidak mudah stres sehingga produksi ASI akan semakin banyak.

4. Memberikan pijatan kepada istri

Pijatan laktasi untuk memperlancar ASI tidak hanya pada payudara tetapi juga bagian tubuh lain. Ayah bisa membantu memijat bagian tengkuk dan punggung yang bisa membuat Bunda merasa rileks. Tubuh Bunda akan lebih tenang, sirkulasi darah lancar, dan ASI lebih lancar.

Nah, jika itu adalah hal-hal yang bisa dilakukan Ayah untuk Bunda agar ASI lancar, dari Bunda pun ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan. Intinya mirip seperti 'Me Time' yang memicu rasa dan mood bahagia. 

Menjaga Mood Bunda Menyusui

Bunda dapat melakukan beberapa hal sederhana berikut untuk menjaga keadaan psikologis selama melakukan upaya memperbanyak ASI

1. Mandi di pagi hari

Meskipun terkadang bunda merasa lelah karena begadang di malam hari, akan lebih baik jika segera bangun di pagi harinya. Segera mandi selama Si Kecil masih tidur ya, Bun.

Tubuh akan terasa lebih segar dan bersih dari keringat serta sisa susu yang menempel di tubuh. Wangi sabun dan perasaan bersih bisa memicu hormon dopamin (hormon gembira) sehingga melancarkan ASI.

2. Istirahat dengan cukup

Seorang ibu menyusui tetap harus mencukupi kebutuhan tidur setidaknya 8 jam setiap hari. Caranya dengan ikut tidur ketika bayi juga tertidur. Hitung berapa jam waktu istirahat, jika belum cukup maka gunakan kesempatan yang ada agar tubuh tetap segar dan bahagia.

3. Menggerakkan tubuh

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan di sekitar rumah bersama bayi dan pasangan. Selain itu bisa juga melakukan olah pernapasan dengan menarik nafas yang dalam dan perlahan mengembuskannya.

4. Manfaatkan sosial media

Bunda juga bisa memanfaatkan berbagai media sosial untuk mencari informasi tentang menyusui. Mulai dari makanan, minuman, buah, sayur untuk memperbanyak ASI.

Eits, pastikan untuk bijak dalam menggunakan media sosial ya, Bun jangan sampai terpancing dalam Mommy War yang malah bikin stres.

Tidak hanya Ayah dan Bunda yang bisa mengupayakan berbagai cara memperbanyak ASI. Orang tua, saudara, tetangga, dan teman bisa memberikan dukungan secara positif. Jangan sampai menyakiti perasaan Bunda dan Ayah yang sedang berjuang memberikan ASI.(PK)

Simak juga video berikut mengenai tips menyusui sambil menggendong Si Kecil, Bun.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!