sign up SIGN UP search


menyusui

11 Vitamin untuk Ibu Menyusui dan Manfaatnya, Bunda Perlu Tahu

Dewi Ratna Kamis, 16 Sep 2021 12:20 WIB
Ilustrasi ibu menyusui makan makanan bervitamin caption

Tidak bisa egois, ketika Bunda menjalani masa kehamilan hingga menyusui, bukan satu orang saja yang butuh asupan vitamin dan gizi dari apa yang dikonsumsi. Bunda harus membaginya dengan janin, hingga dia menjadi bayi dalam dekapan Bunda sebagai ibu menyusui.

Karenanya, jika sedang dalam tahap mengASIhi, Bunda harus tahu apa saja vitamin untuk ibu menyusui yang wajib dikonsumsi. Bukan hanya untuk bisa sekalian dikonsumsi Si Kecil, tapi juga untuk menjaga daya tahan tubuh Bunda di sela kesibukan melelahkan setiap harinya.

Pentingnya Vitamin untuk Ibu Menyusui

Sebenarnya tak hanya untuk ibu menyusui saja, vitamin juga penting untuk semua Bunda pasca melahirkan. Di masa kehamilan, Bunda kehilangan beberapa nutrisi dalam tubuh, termasuk folat, kalsium, dan vitamin B6. Itulah kenapa Bunda harus konsumsi vitamin pasca melahirkan.


Terlebih jika Bunda sedang menyusui, maka dosis harian yang direkomendasikan dari sekian banyak nutrisi pasti akan lebih tinggi ketimbang saat hamil. Sering terjadi, ibu menyusui tidak bisa memenuhi kebutuhan kalsium, zinc, magnesium, dan nutrisi penting lainnya.

Nutrisi yang optimal dari vitamin untuk ibu menyusui dan asupan lainnya, bisa membantu membangun tubuh dan otak Si Kecil. Bagian otak bayi berkembang paling cepat, sehingga penting bagi Bunda untuk menjaga kualitas ASI yang dapat membentuk basis saraf mereka.

Memilih vitamin untuk ibu menyusui

Meskipun pengaturan pola makan Bunda padat nutrisi dan lengkap, tapi para ahli tetap merekomendasikan untuk konsumsi suplemen pasca melahirkan. Hal ini untuk memastikan bahwa cadangan nutrisi yang terpakai dalam tubuh Bunda diisi ulang dengan baik.

Memilih suplemen atau vitamin untuk ibu menyusui bisa berdasarkan rekomendasi artikel, tapi alangkah baiknya jika Bunda konsultasi terlebih dahulu pada ahli atau dokter yang biasa menangani Bunda. Pastikan vitamin yang dikonsumsi tidak menjadi efek buruk juga.

Vitamin untuk ibu hamil yang harus dikonsumsi

Berikut ini daftar vitamin untuk ibu menyusui yang dibutuhkan tidak hanya untuk bayi tapi juga untuk tubuh Bunda sendiri. Pastikan untuk memenuhi asupan hariannya agar kesehatan Bunda dan Si Kecil lebih maksimal.

1. Vitamin K

Dibutuhkan 92 mikrogram vitamin K sebagai salah satu vitamin untuk ibu menyusui. Bunda bisa mendapatkannya dari bayam, brokoli, minyak kedelai, kubis, kembang kol, sawi, lobak, atau juga selada.

Secara harfiah, vitamin K ini diterjemahkan dari bahasa Jerman menjadi 'vitamin untuk koagulasi'. Ini berasal dari manfaatnya untuk membantu pembekuan darah dan pemulihan luka. Selain mendukung sirkulasi dalam tubuh, vitamin K juga penting untuk kesehatan tulang dan kepadatannya.

2. Vitamin E

Dalam sehari, bunda membutuhkan 20 miligram vitamin E yang bisa didapat dari Minyak bunga matahari, minyak safflower, kacang-kacangan seperti hazelnut, kacang tanah, atau juga alpukat.

Vitamin E ini termasuk vitamin untuk ibu menyusui yang juga penting karena mendukung pertumbuhan otot yang sehat dan memastikan gerakan yang baik dan terkoordinasi. Ini sangat penting untuk bayi yang sedang berkembang. 

Selain itu, vitamin E juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, serta meningkatkan produksi sel darah merah. Vitamin E bekerja dalam kombinasi untuk melindungi tubuh dari infeksi eksternal.

3. Vitamin D

Dibutuhkan 16 mikrogram per hari untuk vitamin yang bisa dihasilkan oleh tubuh ini. Bunda bisa mendapatkannya dari ikan kaya lemak, telur, keju, susu kedelai, suplemen vitamin D, dan juga jus jeruk.

Menghasilkan vitamin D dari dalam tubuh bukan sederhana mengonsumsi makanan saja. Vitamin D3 diproduksi oleh kulit dengan bantuan sinar matahari, dan bersama dengan vitamin D2, diolah oleh hati untuk menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin D jadi penting dalam rangkaian vitamin untuk ibu menyusui, karena memang berdampak langsung pada penguatan dan perkembangan tulang. Vitamin D membuat tulang jadi lebih kuat dengan meningkatkan mineralisasinya. Ini didukung juga oleh penyerapan mineral seperti magnesium dan kalsium.

Tak hanya itu saja, vitamin D juga punya manfaat sekunder yang berfokus pada kekebalan. Vitamin D tidak hanya membantu melawan infeksi eksternal, tapi juga mencegah pemicu autoimunitas pada penyakit tertentu.

Well, seperti yang disebut di atas tadi, meski tubuh manusia bisa memproduksi vitamin D dengan sendiri dan terdapat juga dalam kandungan ASI, tapi jumlahnya tidak cukup untuk dipakai secara berkelanjutan. Karenanya, perlu konsumsi suplemen vitamin D atau makanan yang diperkaya vitamin tersebut.

4. Vitamin C

Vitamin yang satu ini sudah jadi asupan rutin harian banyak orang pada umumnya. Dalam sehari, Bunda perlu 130 miligram vitamin yang juga baik untuk ibu menyusui ini. Bunda bisa mendapatkannya dari lemon, tomat, jeruk, kiwi, jambu biji, atau bahan makanan lainnya yang mengandung vitamin C.

Vitamin C ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang baru pulih dari cedera. Ini karena vitamin C bisa membantu perbaikan berbagai sel dalam tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka. Vitamin ini juga membantu produksi leukosit dalam tubuh, atau darah putih yang melindungi tubuh dari patogen eksternal yang bisa menyerang luka.

Manfaat penting lainnya dari salah satu vitamin untuk ibu menyusui ini adalah untuk pertumbuhan kulit dan rambut. Segala hal terkait pertumbuhan merupakan hasil dukungan vitamin C dalam membentuk protein kolagen yang juga penting untuk proses pertumbuhan tersebut.

5. Vitamin B6

Bunda butuh asupan sebanyak 3 miligram vitamin B6 dalam sehari. Salah satu yang juga dianjurkan sebagai vitamin untuk ibu menyusui ini bisa didapat dari sereal tertentu, ikan, buah plum, pisang, serta wortel.

Mengingat setiap bayi butuh sebuah komponen penting dalam kehidupan awalnya, yaitu tidur, maka vitamin B6 ini dibutuhkan untuk membantu mengatur siklus tidur dengan merampingkan produksi hormon melatonin. Ingat ya Bunda, sebagian proses perbaikan dan pembentukan sel tubuh terjadi dalam tidur nyenyak.

Selian itu, vitamin B6 ini juga mengandung piridoksin yang membantu meningkatkan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang menjadi peran kunci dalam perkembangan saraf. So, untuk memastikan refleks Si Kecil bekerja dengan baik, vitamin ibu menyusui yang satu ini jadi penting dikonsumsi.

6. Vitamin B5

Masih dalam rangkaian vitamin B, Bunda juga perlu memasukkan vitamin B5 dalam daftgar vitamin untuk ibu menyusui. Butuh sekitar 8 miligram per hari, Bunda bisa mendapatkannya dalam kacang-kacangan, kembang kol, biji bunga matahari, ubi jalar, dan juga keju.

Pada umumnya, orang yang menjalani operasi akan diberi resep suplemen vitamin B5, karena manfaatnya yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Vitamin B5 ini mengandung asam pantotenat yang bukan cuma mendukung kesehatan organ tubuh bagian dalam, tapi juga meningkatkan vitalitas sel darah merah.

Vitamin untuk ibu menyusui yang satu ini merupakan vitamin yang dapat membantu sistem pencernaan menyerap vitamin lain dengan baik dan sukses. Itulah kenama vitamin ini menjadi sistem pendukung yang hebat.

Infografis Menyusui LancarInfografis 5 tanda ASI mengalir lancar saat menyusui/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

7. Vitamin B3

Setidaknya butuh 18 miligram vitamin B3 setiap harinya, agar infeksi dan radang tidak bersemayam dalam tubuh kita. Salah sati vitamin untuk ibu menyusui ini bisa Bunda dapatkan dari konsumsi ayam, wijen, kacang tanah, susu, maupun telur.

Niasin dalam vitamin B3 membantu meningkatkan kesehatan kelenjar adrenal, yang menjaga hormon yang relate dengan stres di dalam tubuh Bunda tetap terkendali. Vitamin B3 membantu menjaga sistem saraf tetap sehat secara biologis, serta menjaga kesehatan mental yang stabil.

8. Vitamin B2

Butuh 2 miligram vitamin B2 setiap harinya untuk menjaga tubuh dari anemia. Para dokter biasanya meresepkan suplemen vitamin ini pada tanda-tanda awal anemina. Sebenarnya vitamin ini bisa didapatkan dari beras merah, almond, bayam, brokoli, atau jamur.

Vitamin B2 ini merupakan unsur yang membantu menyerap zat besi di dalam tubuh. Selain itu, salah satu vitamin untuk ibu menyusui ini juga meningkatkan perkembangan sel darah merah, yang akhirnya mengurangi tanda-tanda anemia, karena mengembalikan kadar hemoglobin dalam tubuh anak jadi normal.

9. Vitamin B12

Bunda hanya perlu 3 mikrogram vitamin B12 setiap harinya, yang bisa didapatkan dari berbagai sumber hewani seperti daging, ikan, telur, dan lain sebagainya. Vitamin ini masuk dalam anjuran vitamin untuk ibu menyusui karena dapat memengaruhi sifat genetik anak. Hal ini jadi penting, untuk memastikan Si kecil tumbuh dengan benar.

Bunda perlu ingat bahwa DNA dan RNA adalah protein yang juga membutuhkan dukungan dalam perkembangannya. Vitamin B12 inilah yang selangkah lebih maju dan membawa pertumbuhan sel-sel saraf baru. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan kognitif anak dan membuatnya pintar.

10. Vitamin B1

Butuh asupan 1.5 miligram vitamin B1 setiap harinya bagi setiap orang, termasuk ibu menyusui. Bunda bisa mendapatkannya dari beras merah, kedelai, telur, kacang polong, kacang hijau, dan lainnya. 

Seluruh keluarga vitamin B kompleks ini secara kolektif bertanggung jawab mengembangkan neuron yang diperlukan untuk perkembangan otak dan peningkatan memori, serta kognisi yang berkelanjutan. Vitamin B1 pun tidak terkecuali, punya peran penting dalam rangkaian ini.

Rangkaian vitamin B ini ikut membantu dalam menghasilkan ATP, atau adenosin trifosfat, yang merupakan sumber energi untuk sel-sel tubuh. Ini membantu merangsang proses metabolisme yang diperlukan tubuh agar lebih optimal.

11. Vitamin A

Merupakan salah satu vitamin yang paling serbaguna, Bunda butuh asupan 1500 mikrogram vitamin A setiap harinya. Ikan, hati, ubi jalar, labu, mangga, aprikot, serta minyak hati ikan cod bisa jadi pilihan mudah untuk mendapatkannya.

Fungsi utama vitamin A dikaitkan dengan perkembangan indera penglihatan, terutama dalam hal persepsi warna dan membangun kapasitas untuk melihat di malam hari. Selain itu, vitamin ini juga jadi pondasi sistem kekebalan dan secara langsung memengaruhi perkembangan jaringan kulit dan rambut, untuk pertumbuhan anak yang sehat.

Setelah mengetahui 11 vitamin untuk ibu menyusui ini, kira-kira mana nih yang masih belum terpenuhi asupan hariannya pada Bunda? Yuk coba cari tahu dan mulai menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dengan rangkaian vitamin tersebut.

Well, sekali lagi, untuk urusan vitamin, Bunda perlu konsultasikan dengan ahli atau dokter ya. Sebab, jika Bunda mengonsumsinya berupa suplemen, memang ada beberapa vitamin yang tidak bisa diminum secara bersamaan atau berlebihan.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!