Sign Up search


menyusui

Perbanyak Vitamin C, Jadi Jurus Jitu Ibu Menyusui Cegah Infeksi Virus

Siti Hafadzoh Jumat, 20 Mar 2020 14:32 WIB
Perbanyak Vitamin C, Jadi Jurus Jitu Ibu Menyusui Cegah Infeksi Virus caption
Jakarta - Bunda menyusui membutuhkan tubuh yang fit untuk mengurus si kecil. Apalagi jika di masa-masa menyusui, Bunda juga bekerja atau memiliki kesibukan lainnya.

Ibu menyusui memerlukan daya tahan tubuh yang tinggi nih, supaya tidak mudah terinfeksi virus atau bakteri.


Proses melahirkan dapat menyebabkan tubuh Bunda kelelahan. Mulai dari kehilangan banyak darah, kurang tidur karena mengurus bayi hingga penyesuaian kebiasaan baru dengan bayi.


Ini bisa berujung pada depresi dan lemahnya sistem kekebalan tubuh. Makanya, ketika menyusui, Bunda perlu meningkatkan kekebalan tubuh nih. Salah satu caranya dengan mengonsumsi vitamin C.

Mengutip SF Gate, vitamin C yang cukup dapat meningkatkan produksi glutathoine, antioksidan yang merangsang sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga diperlukan untuk memperkuat jaringan tubuh yang dapat menghambat infeksi bakteri.

Nutrisi yang satu ini melindungi sistem kekebalan tubuh dengan mempercepat pembentukan sel darah putih. Selain itu, vitamin C meningkatkan kadar zat anti-virus yang mencegah masuknya virus dengan cara melapisi sel.

Dari mana Bunda bisa mendapatkan vitamin C yang cukup? Vitamin ini didapatkan dari buah dan sayuran segar, seperti pepaya, jeruk, jambu biji, paprika merah, dan kubis.

Perbanyak Vitamin C, Jadi Jurus Jitu Ibu Menyusui Cegah Infeksi VirusIlustrasi jeruk peras/ Foto: iStock

"Makan makanan segar dapat membantu Anda mendapatkan vitamin dan antioksidan, yang Anda butuhkan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat," kata apoteker di Chicago, Amerika Serikat (AS), Bineesh Moyeed dikutip dari Romper.

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari buah dan sayur, sebaiknya konsumsi secara mentah atau jangan terlalu lama dimasak, Bun. Ini karena vitamin C sensitif terhadap panas.

Bunda juga bisa menggabungkan sayur dan buah dengan berbagai rempah. Misalnya, memasak sayur yang dicampur dengan bawang putih dan jahe.

"Dan menggabungkan makanan super seperti kunyit, jahe, dan bawang putih juga dapat membantu," ujar Moyeed.

Vitamin C yang disarankan untuk ibu menyusui adalah sekitar 120 miligram per hari.

Jangan mengonsumsi vitamin C lebih dari 2000 miligram per hari ya, Bun. Ini malah akan menimbulkan efek samping yang merugikan bagi Bunda.


Vitamin C umumnya aman bagi ibu menyusui kalau dikonsumsi dalam jumlah yang disarankan. Apalagi, kalau Bunda memperoleh vitamin C dari makanan alami seperti buah dan sayur.

Namun, perlu diingat, kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter ya.

Bunda juga bisa simak cerita drama ASI yang dialami Eriska Rein berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi