sign up SIGN UP search


menyusui

9 Langkah Pijat Payudara agar ASI Melimpah, Bisa Dicoba Sambil Mandi Bun

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 24 Sep 2021 09:48 WIB
Pijat payudara agar ASI melimpah caption

Jakarta - Lancar menyusui dengan banjir ASI tentu bikin Bunda happy. Tetapi kalau ASI sudah tersendat, duh, jangan ditanya deh. Pasti para Bunda langsung stres. Nah, di saat kondisi seperti ini, biasanya pijat payudara agar ASI melimpah bisa menjadi solusi lho, Bunda.

Bicara soal aktivitas menyusui memang cukup memakan energi ya, Bunda. Lelah dan stres pun sulit sekali dihindari. Kalau sudah begini, biasanya yang jadi korban yakni pasokan ASI yang jadi seret dan lama-kelamaan pun ngedrop.

Masalah produksi ASI yang menurun memang hal yang wajar dialami Bunda menyusui. Hampir sebagian besar Bunda yang menyusui mengalami hal tersebut. 


Berbagai faktor memang dapat menjadi pemicunya ya, Bunda. Mulai dari terlalu lelah, asupan yang kurang, dehidrasi, hingga stres yang berkepanjangan. Masalah-masalah tersebut biasanya mengganggu produksi ASI secara keseluruhan. 

Fase tersebut memang tak bisa dibiarkan begitu saja ya, Bunda. Karena, pasokan ASI yang minim tentu membuat asupan Si Kecil jadi tidak terpenuhi secara maksimal. 

Salah satu cara mengembalikan kondisi produksi ASI pada tahapan yang normal yakni dengan melakukan pijat payudara agar ASI melimpah. Pijat ini menjadi langkah efektif memulihkan produksi ASI yang sempat menurun.

Menurut Natasha Chinn, FACOG, M.D, seorang obgyn yang berpraktik di New Jersey bahwa pijatan payudara ini menggunakan teknik pijat dasar selama menyusui agar ASI tetap mengalir dengan lancar.

"Untuk Bunda yang menyusui tanpa kendala, tidak ada indikasi pasti untuk melakukannya. Namun, dalam kasus Bunda sering mengalami saluran ASI tersumbat atau sering mengalami mastitis, maka pijatan ini mungkin berguna,"ujar Dr Chinn, seperti dikutip dari laman Parents.

Dr Chinn mencatat bahwa pijat payudara agar ASI melimpah yakni memijat saluran yang tersumbat atau bagian lain dari payudara yang mengeras, di mana dapat menghilangkan rasa sakit dan membantu melonggarkan penyumbatan dengan memecah ASI di area payudara.

Pijat payudara agar ASI melimpah ini memang sangat penting terutama bagi Bunda yang kembali bekerja setelah cuti melahirkan. Dengan adanya perubahan pada jadwal menyusui, ketika waktu antara menyusui menjadi lebih lama dan beberapa kali sesi menyusui dihentikan dapat menyebabkan penurunan suplai ASI secara keseluruhan.

Ilustrasi payudara bengkak9 langkah memijat payudara/ Foto: iStock

Pijat payudara ini pun menjadi kunci keberhasilan menyusui atau memompa dalam waktu lama. Selain itu, pijat payudara juga bermanfaat bagi Bunda yang memiliki bayi dengan masalah menyusui seperti mengantuk, lesu di payudara, atau yang mengalami kesulitan pelekatan, susah mengosongkan payudara selama sesi menyusui.

Bunda tertarik melakukan pijat payudara? Simak 9 langkahnya di halaman berikut ya!

Simak juga informasi mengenai pijat payudara dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



9 LANGKAH MEMIJAT PAYUDARA AGAR ASI MELIMPAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!