sign up SIGN UP search


menyusui

Pentingnya Memijat Payudara sebelum Memompa ASI, Ketahui Tekniknya Yuk

Melly Febrida   |   Haibunda Selasa, 12 Jul 2022 07:05 WIB
ASI Perah caption
Jakarta -

Sebagai pejuang ASI, busui pastinya ingin bisa menghasilkan ASI yang melimpah. Rasanya tenang dan bahagia ya saat melihat botol ASI peuh setelah memompa payudara.

Nah, tahu enggak Bunda ada satu ritual jitu sebelum memompa yang bisa hasilkan ASI melimpah. Apakah itu? Yakni dengan selalu memijat payudara terlebih dahulu baik sebelum menyusui maupun pumping

Apalagi busui zaman sekarang dipermudah dengan adanya pompa ASI yang berteknologi modern. Busui bisa duduk bersantai ketika memompa ASI dengan pompa elektrik yang canggih.


Pada titik tertentu, busui dapat menggabungkan teknik pijat laktasi untuk membantu memperlancar prosesnya lho. Mempelajari cara memijat payudara sambil memompa untuk mengeluarkan ASI merupakan awal yang baik, terutama jika busui mengalami masalah suplai.

Rebecca Agi, MS, IBCLC, konsultan laktasi bersertifikat dan pendiri Best Milk LA, sebuah layanan konsultasi laktasi, mengatakan bahwa teknik pijat payudara dapat meningkatkan jumlah ASI hasil pompa. Ini karena memompa ASI membantu Bunda mengosongkan payudara setiap memompa. Dan membantu busui menyediakan banyak lemak yang membantu pertumbuhan bayi.

"Pijat payudara dengan tangan yang dikombinasikan dengan memompa ASI tidak hanya membantu memaksimalkan jumlah ASI di setiap sesi, tetapi juga akan meningkatkan suplai ASI secara keseluruhan," jelas Agi dikutip dari Very Well Family.

Bila ingin hasil pompa ASI meningkat, busui perlu memijat kedua payudara sebelum memompa dan selama sesi memompa. Berikut rutinitas memompa dengan teknik memijat untuk meningkatkan suplai ASI.

  1. Mulailah dengan 'alat tempur' yang tepat. Busui bisa menggunakan pompa listrik hospital-grade dengan pompa ganda. Kenakan bra yang menahan flensa di tempatnya ketika memompa untuk membebaskan tangan memijat payudara.
  2. Pijat payudara sebelum memompa. Pijat kedua payudara dengan tangan membentuk lingkaran kecil dengan pola memutar, mirip dengan memeriksa payudara sendiri. Perhatikan bagian tepi luar payudara. Usap payudara dari tepi luar ke arah puting. Gunakan sentuhan ringan agar busui rileks.

  3. Pompa kedua payudara hingga ASI mulai mereda, biasanya sekitar 5 hingga 7 menit. Sesuaikan isapan agar busui tetap nyaman dan pastikan tidak sakit.

  4. Ulangi proses pijat. Pompa setiap payudara sambil memijatnya. Berikan perhatian khusus pada area yang terasa benjol. Ini adalah saluran ASI yang penuh. Dengan menggunakan tekanan sedang, usap payudara dari tepi luar ke arah pompa untuk mengosongkan saluran.

  5. Lanjutkan hingga produksi ASI sedikit (biasanya sekitar 3 hingga 5 menit). Susu terakhir (hindmilk) adalah susu terkaya yang busui hasilkan.

Lebih lanjut ternyata pijatan payudara terbukti mampu picu produksi ASI bahkan sangat bermanfaat bagi bayi prematur. Simak penjelasannya di halaman selanjutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang pijat payudara yang bisa lancarkan ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



PIJAT PAYUDARA + POMPA = ASI MELIMPAH?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!