sign up SIGN UP search


menyusui

5 Langkah Perawatan Payudara Ibu Menyusui untuk Cukupi Kebutuhan ASI Bayi

Annisa Karnesyia Senin, 20 Sep 2021 14:15 WIB
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. caption
Jakarta -

Bunda perlu merawat payudara saat menyusui agar tak gampang sakit ya. Selain itu, perawatan payudara yang tepat juga bisa membuat ASI berlimpah lho.

Menurut perawat Donna Murray, RN, BSN, payudara Bunda akan berubah selama masa kehamilan dan menyusui. Areola akan menjadi gelap dan hormon kehamilan dapat memicu jaringan di payudara untuk bersiap memproduksi ASI.

Saat payudara terisi dengan ASI, Bunda mungkin akan mengalami pembengkakan payudara, nyeri tekan, kesemutan, dan ASI rembes. Ini semua normal dialami selama menyusui, namun kondisi tersebut sering bikin banyak Bunda enggak nyaman.


"Pengalaman yang wajar ini dapat dibantu dengan perawatan payudara rutin, sehingga akan meminimalkan rasa tidak nyaman dan membantu mencegah infeksi," kata Murray, dilansir Very Well Family.

Banner Crazy Rich Lebak

Perawatan ini bisa dilakukan dengan pijat atau rutin mengecek payudara setiap bulan. Meski terlihat normal, bentuk payudara bisa berubah karena ASI penuh atau kebiasaan memompa.

Pijat payudara bisa dimulai di sela waktu menyusui atau saat sedang bersantai. Bila dilakukan dengan benar, suplai ASI bisa berlimpah lho, Bunda.

"Dengan memijat dan menekan payudara, aliran ASI akan deras dan memicu bayi untuk mengisap lagi," kata Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui.

Pijat payudara bisa dilakukan sendiri selama menyusui. Salah satu perawatan payudara ini bahkan bisa mulai dilakukan saat Bunda hamil.

Payudara yang terawat dengan baik akan memproduksi ASI dalam jumlah cukup. Pada akhirnya, kebutuhan bayi pun akan terpenuhi.

Lalu bagaimana langkah perawatan payudara yang tepat untuk menjaga kebutuhan ASI? Baca halaman berikutnya untuk tahu langkah merawat payudara dengan pijat lembut ya, Bunda.

Simak juga 3 posisi menyusui agar bayi tenang, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MELAKUKAN PERAWATAN PAYUDARA SELAMA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!